Unik, Informatif , Inspiratif

Kang Emil Segarkan Birokrasi Jabar dengan Baca Buku dan Pantun

0

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terus melakukan berbagai upaya dalam menyegarkan birokrasi di Pemprov Jawa Barat. Menurut Ridwan Kamil, dalam rapat di jajaran Asisten Administrasi, pihaknya menekankan sejumlah hal penting yang merupakan tradisi baru seperti baca buku.

“Kita bikin tradisi baru. Kadis (kepala dinas) dan ASN wajib baca buku,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Gedung Sate, Bandung, Senin (17/12/2018).

BACA JUGA: Atalia Kamil Sarankan TKW Kuasai Dasar Bela Diri

Menurut Emil, tak hanya baca buku, setiap akhir bulan rencananya para eselon II ini diminta memaparkan hasil buku yang dibaca. Ia menilai, upaya ini diharapkan bisa menjadi bagian dari peningkatan kecerdasan dan komptensi kepala dinas. “Jadi tiap akhir bulan harus memaparkan apa hasil bacannya,” katanya.

Sisipkan pantun di pidato

Selain itu, kata dia, tradisi baru lainnya yang ia rencanakan adalah disetiap akhir pidato harus ada pantun disisipkan. Menurutnya dengan membiasakan berpantun usai pidato adalah bagian dari estetika berbicara. “Pantun ya soal estetika berbicara saja,” ujarnya.

BACA JUGA: Pertemuan Sandi dan Ridwan Kamil Berakhir di Seruputan Kopi

Pemprov Jabar juga, kata dia, akan menerapkan aplikasi untuk memantau kinerja ASN Pemprov. Nantinya lewat aplikasi yang ada PNS yang malas bekerja akan diketahui. “Yang malas kerja akan ketahuan, ini sudah dipraktikan di Kota Bandung dan diaplikasikan di Jabar,” katanya.

Menurut Emil, melalui program 100 hari dirinya sudah memperlihatkan inisiatif dan upaya membangun Jabar. Karena, jika tidak ada inisiatif, nanti warga akan mempertanyakan apa kerjanya dalam 100 hari. “100 hari baru fondasi-fondasi, tapi minimal semua lancar merumuskan itu,” katanya. []

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.