Unik, Informatif , Inspiratif

Rilis Daftar 200 Penceramah, Kemenag Dianggap Blunder

0

Kementerian Agama mengeluarkan rekomendasi 200 penceramah yang dianggap moderat. Daftar 200 penceramah tersebut dikeluarkan menyusul permintaan sejumlah pihak, termasuk instansi pemerintah.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, 200 nama penceramah tersebut diusulkan para ormas Islam dan termasuk usulan internal Kementerian Agama.

Langkah ini merupakan upaya meredam paham radikalisme yang dianggap sedang berkembang di tengah masyarakat.

Dari 200 nama tersebut, tak tertutup kemungkinan akan bertambah.

Pasalnya, daftar nama penceramah masih akan bertambah seiring rekomendasi ormas Islam.

“Tentu ini nanti akan secara bertahap,akan ada susulan. Jadi, bukan berarti yang tidak termasuk dalam daftar 200 itu bukan penceramah yang moderat misalnya,” ujar Lukman.

Sementara, di tengah masyarakat sendiri kemunculan daftar dari kementerian agama ini mengundang pro dan kontra lantaran justru dianggap bisa memecah belah kelompok Islam.

Dari Lembaga Majelis Permusyawaratan Rakyat, baik ketua maupun wakilnya, mengungkapkan keberatan atas munculnya daftar ini.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai daftar ini sebagai blunder dari kementerian agama yang bisa mencoreng pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Kementerian agama blunder. Blunder besar. Kalau begini terus cara kerja menteri-menteri, saya kira akan mendowngrade bapak presiden,” kata Zulkifli usai menghadiri buka puasa bersama dengan masyarakat Jakarta Utara, di Jl. Enim Raya, Tanjung Priok, Minggu, (20/5/18).

“Seharusnya mempersatukan bukan memecah belah. Jadi di sini separuh diambil, separuh lagi dipijak. Tidak boleh begitu. Itu belah bambu namanya,” imbuhnya.

“Segera tarik karena ini adalah blunder,” tuturnya.

Selengkapnya, simak dalam tayangan video berikut ini:

 

Sumber: Kompas Tv/Youtube


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline