, Risiko Memutihkan Gigi Menggunakan Arang Aktif
Unik, Informatif , Inspiratif

Risiko Memutihkan Gigi Menggunakan Arang Aktif

0

Banyak yang sudah tahu bahwa arang bisa digunakan menjadi masker, karena di zaman yang ini sedang tren menggunakan masker memakai arang. Banyak orang yang mengupload foto dirinya sedang menggunakan masker wajah arang yang berawarna hitam atau charcoal face mask.

Namun bukan hanya dipakai menjadi masker wajah, ternyata saat ini sedang tren juga memutihkan gigi menggunakan arang.

Jika dipikirkan pasti aneh rasanya jika membersihkan gigi menggunakan arang, karena pada umumnya kita manusia selalu membersihkan giginya menggunakan pasta gigi dan sikat gigi. Ternyata pada zaman dahulu, seperti itulah nenek moyang kita membersihkan giginya, yaitu dengan menggunakan arang. Tren ini ternyata muncul kembali.

Activated charcoal, atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut arang aktif ternyata dipercaya bisa membersihkan gigi menjadi lebih putih. Arang aktif merupakan arang yang terbuat dari batu bara, kayu, tempurung kelapa, atau minyak bumi yang dipanaskan menggunakan gas, sehingga hasil dari arang tersebut akan lebih berpori.

Menurut U.S. National Library of Medicine, pori-pori ini membantu arang “menangkap” bahan kimia aktif, sehingga bisa untuk mengobati keracunan. Namun apakah benar arang aktif bisa berfungsi untuk memutihkan gigi? Lalu bagaimana risiko memutihkan gigi menggunakan arang aktif tersebut?

Menurut drg. Mark Wolf, seorang pakar kesehatan gigi dari New York University College of Dentistry di Amerika Serikat (AS), ternyata pada saat ini arang aktif memang sudah digunakan untuk beragam hal, karena arang aktif memiliki pori-pori yang lebih, sehingga ini bisa mengikat kotoran-kotoran pada permukaan gigi dan dapat membersihkan zat kekuningan pada gigi akan mudah.

Selain itu, arang aktif juga mengandung mineral yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi. Meskipun arang aktif ini berwarna hitam, namun hal ini tak akan merubah warna gigi kita.

Walaupun bisa membersihkan gigi, ternyata arang aktif pun bisa merusak gigi. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Oral Health Foundation di Inggris ini mengingatkan jika menggunakan arang aktif secara berlebihan hal itu dapat merusak gigi.

“Sebagian besar selebriti telah melakukan pemutihan gigi profesional dan senyum putih mereka bukanlah akibat langsung penggunaan arang aktif,” jelas Nigel Carter, B.D.S., CEO Oral Health Foundation.

Para dokter gigi dan ahli kesehatan di seluruh dunia pun tidak menganjurkan manusia untuk merawat giginya menggunakan arang aktif, karena arang aktif bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan erosi pada gigi. Karena jika kehilangan enamel pada gigi, maka gigi akan menjadi sensitif.

Maka dari itu, jika ingin memutihkan gigi lebih dianjurkan untuk ke dokter gigi, daripada menggunakan arang aktif ini. Namun jika ingin mencoba menggunakan arang aktif ini, konsultasikan pada dokter gigi terlebih dahulu. []

Sumber : Kompas.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.