Foto: Mashable

Robot Ini Bakal Ganti Pekerjaan Satpam di Singapura

Foto: Mashable

Bakal bukan menjadi hal aneh ketika nanti Anda ke Singapura lalu melihat robot-robot berkeliaran. Pasalnya, baru-baru ini sebuah perusahaan jasa keamanan lokal—Ademco—merilis layanan sewa robot untuk mengatasi kekurangan tenaga keamanan (satpam) di negara tersebut.

Robot setinggi 1,6 meter itu lebih mirip kapal selam, dengan lima kamera panjang di leher, dua kamera depan, dan empat roda.

Tak kalah kerennya lagi, robot ini juga dapat merekam pelat nomor, bahkan bisa berputar 360 derajat melihat sekelilingnya dalam jarak hingga 10 meter.

Tak hanya itu, alat juga akan mengirim peringatan berbahaya ke pusat komando selama 24 jam. Hal tersebut terjadi jika dia mendeteksi keadaan tidak normal seperti kebakaran atau suara bising.

Robot itu dibuat oleh SMP Robotics berbasis di San Francisco. Alat ini disesuaikan dengan iklim tropis Singapura, panas tinggi, dan tingkat kelembaban. Ademco berharap robot ini akan membantu penambahan tenaga keamanan.

Perusahaan dapat menghabiskan sampai 8.000 dollar Singapura (sekitar Rp 75,5 juta) per bulan untuk dua penjaga keamanan robot yang bekerja selama 12 jam per hari. Sementara robot dapat beroperasi hampir sepanjang hari, dikurangi waktu isi beterai, menelan biaya sekitar 500 dollar Singapura (sekitar Rp 4,7 juta).

Tak seperti manusia, robot tak mengenal lelah. “Ada juga keterbatasan pada manusia,” kata Direktur Pelaksana Grup Ademco Toby Koh kepada News Channel News Asia, pada 6 April 2017. Demikian dilansir oleh laman Tempo. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *