Robot, Mengancam Eksistensi Manusia?

 

robotINSPIRADATA. Perkembangan robot ini mulai pesat, khususnya di benua Eropa dan Amerika serta negara-negara Asia seperti Jepang, China dan Korea. Dari waktu ke waktu robot diciptakan dan dikembangkan untuk membantu kegiatan manusia.

Namun, jika hal ini terus dibiarkan, apakah nantinya peran manusia akan sepenuhnya digantikan oleh robot?

Robot memang memiliki beberapa kelebihan. Seperti dilansir oleh kelasrobot.com, hal-hal positif dari diciptakannya robot adalah sebagai berikut:

1. Robot membantu meringankan pekerjaan manusia.
2. Robot tidak memiliki rasa bosan, lelah, emosi.
3. Robot mudah dan cepat dalam perbaikan.
4. Robot bisa dibuat sebesar dan seperti apapun.
5. Di industri robot adalah pekerja ikhlas.

Tetapi, di sisi lain hal tersebut juga berdampak negatif bagi manuisa. Berikut ini sisi negatif robot bagi manusia:

1. Manusia Menjadi Pemalas. Karena banyaknya peran yang tergantikan robot, pekerjaan manusia akan semakin sedikit, maka manusia tidak hanya akan menjadi pemalas, tapi mungkin saja jadi gemuk dan lumpuh, karena kurang beraktivitas.

2. Sempitnya Lapangan Kerja. Ketika semua kegitan industri dikerjakan oleh robot, maka lapangan pekerjaan manusia menjadi berkurang.

3. Krisis Energi. Robot hidup dengan menggunakan listrik, sedangkan manusia juga sangat membutuhkan listrik. Dengan banyaknya robot yang hidup di bumi, maka bumi akan banyak kekurangan energi secara drastis.

4. Menumpuknya Sampah. Robot yang rusak jika tidak diperbaiki atau dimanfaatkan kembali, akan menambah penumpukan sampah di dunia.

5. Global Warming. Dengan terjadinya krisis energi dan menumpuknya sampah elektronik, bukan hal mustahil pemanasan global akan lebih cepat terjadi.

Maka, seyogyanya manusia dalam penciptaan robot secanggih apapun, mampu memperhitungkan segala sesuatunya dengan bijiak agar tidak merugikan keberlangsungan hidup manusia itu sendiri di masa depan. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *