rontgen gigi, Rontgen Gigi saat Hamil, Amankah?
Unik, Informatif , Inspiratif

Rontgen Gigi saat Hamil, Amankah?

0

Pada saat hamil, kondisi tubuh seseorang wanita akan jauh lebih rentan. Berbagai masalah kesehatan, salah satunya kesehatan gigi dan mulut sangat mudah menyerang. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan yang membuat gusi dan membran mukosa lain mudah bengkak, meradang, dan juga mudah berdarah.

Hormon yang sama juga bisa menyebabkan gusi lebih rentan terhadap plak dan bakteri sehingga dapat mengakibatkan radang gusi bahkan pembusukan gigi.

BACA JUGA: Hati-hati, Ibu Hamil Jangan Minum Kopi!

Berbagai masalah di atas biasanya membuat dokter menyarankan Ibu hamil untuk melakukan berbagai pemeriksaan gigi salah satunya dengan rontgen.

Namun, biasanya dokter akan menunda pemeriksaan dengan rontgen hingga setelah melahirkan, karena radiasi sinar rontgen memiliki efek yang kurang baik.

Pada kondisi tertentu, penundaan pemeriksaan dengan menggunakan rontgen bisa menimbulkan risiko yang lebih besar, karenanya sebagian dokter dan bidan akan mengizinkan ibu hamil untuk melakukan rontgent dengan dosis radiasi yang sangat rendah.

BACA JUGA: Ibu Hamil, Jangan Lakukan Pekerjaan Ini!

Bila Anda termasuk salah satu ibu hamil yang harus melakukan pemeriksaan dengan rontgen untuk pemeriksaan gigi, maka perhatikanlah panduan di bawah ini:

– Jangan lupa menyampaikan kepada dokter yang meminta Anda menjalani pemeriksaan rontgen dan operator yang menjalankan pemeriksaan bahwa Anda sedang hamil, walupun Anda yakin mereka sudah mengetahuinya.
– Jalani pemeriksaan di tempat yang memiliki izin resmi dan operator terlatih.
– Jika memungkinkan, perlengkapan sinar rontgen sebaiknya diarahkan sedemikian rupa hingga bagian tubuh lain tidak hendak diperiksa hanya terkena sinar sedikit mungkin. Kenakan pelindung khusus untuk menutupi rahim dan leher Anda.
– Ikutilah petunjuk operator dengan cermat dan jangan bergerak saat perawat atau dokter melakukan pemotretan sehingga pemotretan tidak perlu diulang berkali-kali. []

 

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.