Flooded vintage interior. 3d concept. Rumah bebas banjir-foto ilustrasi

Rumah Kebanjiran? Begini Langkah Antisipasinya

Flooded vintage interior. 3d concept. Rumah bebas banjir-foto ilustrasi

INSPIRADATA. Banjir sedang melanda beberapa kota di Indonesia. Bukan hanya Jakarta, Bandung, dan Karawang serta kota-kota lainnya juga tergenang banjir. Maka, di musim hujan seperti sekarang ini kita pelu waspada banjir.

Seperti yang dikutip dari magazine.orami.co.id, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi bahaya banjir. Khususnya guna melindungi keamanan rumah dan keslamatan serta kesehatan keluarga. Jika rumah diserang banjir, berikut ini langkah-langkah yang bisa diambil:

  1. Pastikan benda-benda berikut ada dalam jangkauan selama banjir melanda. Yakni Air minum sekitar 3,8 liter per orang dalam satu hari, makanan, radio yang memakai baterai, kotak P3K dan obat-obatan, senter dan baterai, sanitizer, serta jaket dan selimut.
  2. Air banjir membawa kotoran dan bahan berbahaya dari mana-mana. Karena itu, kosmetik dan obat-obatan yang terkena air banjir sebaiknya dibuang. Begitu pula dengan makanan yang sudah basi. Jika ragu, lebih baik buang saja. Jangan konsumsi air banjir.
  3. Pindahkan barang-barang (terutama kendaraan, alat elektronik, dan benda berharga) ke tempat tinggi. Masukkan dokumen-dokumen penting ke dalam wadah kedap air.
  4. Bersihkan peralatan yang terkena banjir sebelum digunakan. Misalnya, siram peralatan makan dengan air panas dan lap hingga kering.
  5. Jauhi sumber listrik dan kabel. Sebab, air bisa mengantarkan listrik dan menimbulkan risiko tersengat listrik. PLN biasanya memadamkan listrik di daerah yang terkena banjir. Namun jika listrik masih menyala, sebaiknya padamkan saja. Cabut alat-alat elektronik dari stopkontak. Jangan sentuh alat elektronik yang terendam air sampai benar-benar kering.
  6. Jaga anak agar menjauhi air banjir.
  7.  Hati-hati dengan binatang berbahaya yang masuk ke dalam rumah saat banjir. Harus selalu waspada saat malam hari.
  8. Sebaiknya jangan memaksakan menembus banjir, baik dengan berjalan kaki maupun dengan kendaraan. Jika ingin berjalan menembus banjir, gunakan sepatu yang kuat untuk mencegah luka akibat menginjak pecahan kaca, paku, dan sebagainya. Berhati-hatilah karena lantai dan tangga yang tertutup lumpur bisa jadi sangat licin.
  9. Kunci pintu jika terpaksa meninggalkan rumah.
  10. Dengarkan berita banjir di radio untuk mengetahui informasi terbaru seputar bencana banjir dan cara menanggulanginya.[]

Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *