Unik, Informatif , Inspiratif

Rusuh ‘Rompi Kuning’ Usai, Presiden Prancis Naikkan Upah Minimun Warga

0

Setelah kerusuhan sipil ‘Rompi Kuning’ selama beberapa minggu, presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan kenaikan upah minimum di negara itu pada Senin, (10/12/2018).

Dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi, Macron menjanjikan kenaikan upah minimum bulanan pada 2019 sebesar EUR100 (1,6 juta rupiah).

BACA JUGA: Hadapi Pasukan Rompi Kuning, Polisi Prancis Pakai Semprotan Merica

Ia juga mengatakan, pajak atas upah lembur akan dihapuskan pada tahun depan. Dia juga mengumumkan pemotongan pajak jaminan sosial untuk pensiunan yang berpenghasilan kurang dari EUR2.000 (33,2 juta rupiah).

Sejak 17 November, ribuan pengunjuk rasa rompi kuning berkumpul di Paris dan beberapa kota lain untuk memprotes kebijakan Presiden Prancis Emmanuel Macron soal tambahan pajak bahan bakar yang mengundang kontroversial.

Para pengunjuk rasa, yang umumnya tinggal di daerah pedesaan karena harga sewa rumah yang tinggi di pusat kota, menuntut Presiden Emmanuel Macron untuk mengurangi pajak bahan bakar dan membuat kebijakan ekonomi yang mengurangi kesulitan hidup mereka.

BACA JUGA: Bakal Rusuh Besar Tolak BBM Naik, Tempat Penting di Paris Ditutup

Menurut survei, 84 persen orang Prancis mendukung aksi protes ini, kebanyakan dari kelompok kelas menengah. Selama setahun terakhir, harga bahan bakar di Prancis telah meningkat lebih dari 20 persen.[]

SUMBER: ANADOLU


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.