Rutan baru KPK
Foto: KOMPAS.com

Rutan Baru KPK Gunakan Sistem Database Online

Rumah tahanan baru diresmikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK Jakarta, Jumat (6/10/2017). Rutan KPK yang terletak di bagian belakang Gedung Merah Putih tersebut mulai difungsikan untuk menahan para tersangka kasus korupsi seusai peresmian.

“Ucapkan syukur bukan karena bukan punya rutan cabang, kita syukur karena kesehatan kita. Peresmian ini sebagai pengingat, kalau bisa jangan sampai kita jadi salah satu penghuni, karena kebebasan akan dibatasi,” kata Agus dalam sambutannya.

Menurut Agus, rutan baru tersebut menggunakan standar yang telah ditetapkan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Standar tersebut mencakup fasilitas bagi tahanan dan pelayanan bagi pengunjung rutan.

Salah satunya, Rutan baru KPK menggunakan sistem database online. Jumlah dan data tahanan yang masuk dan keluar rutan dapat diketahui dengan pasti.

Database online itu terhubung dengan sistem yang dimiliki Ditjen Pemasyarakatan. Dengan demikian, data tersebut diketahui oleh KPK dan Ditjen Pemasyarakatan.

Peresmian tersebut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono dan Kepala Polsek Setiabudi AKBP Rachmat Sumekar. Selain dia, peresmian juga dihadiri Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan.

Rutan baru itu memiliki 2 lantai, Lantai Dasar dan Mezzanine. Rutan itu memiliki kapasitas 37 tahanan, 29 tahanan pria dan 8 tahanan perempuan.

Jam berkunjungnya dari Senin-Jumat saat jam kerja untuk penasihat hukum. Kemudian, Senin dan Kamis untuk keluarga, sama dengan Rutan Gedung KPK Kavling C1.

Di dalamnya terdapat pula ruang isolasi untuk orientasi tahanan baru. Sel terdiri dari masing-masing 5 dan 3 tahanan. Demikian seperti dilansir dari Kompas.com, Ahad (8/10/2017). []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *