manfaat berbuka dengan kurma
Foto: All Fresh

Rutin Makan 3 Kurma Sehari, Ini Khasiat untuk Kesehatan

Kurma memang menjadi salah satu ciri khas dari Ramadhan. Namun, makan kurma tidak perlu menunggu sampai Ramadhan tiba. Toh, meskipun bukan bulan Ramadhan kurma banyak yang menjualnya.

Buah kurma ini memang mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Pantas Rasulullah ﷺ mensunahkan memakan buah yang satu ini. Ternyata, jika mengonsumsi tiga kurma dalam sehari ada berbagai manfaat yang bisa didapat lho. Apa saja?

1. Mengakhiri diare

Kurma mengandung kalsium dan merupakan makanan untuk menghentikand diare. Hal ini juga disebabkan kemampuan kurma untuk mempercepat regenerasi bakteri usus. Konsumsi kurma teratur juga membantu pembentukan bakteri baik di dalam usus.

2. Baik untuk otak dan Jantung

Kurma kaya akan fosfor, karenanya dianggap sangat baik untuk otak. Makanya, kurma bisa dimanfaatkan untuk memberi otak nutrisi yang dibutuhkan. Sementara itu, orang dengan masalah jantung dianjurkan untuk mengonsumi kurma teratur. Taruh beberapa kurma di segelas air di malam hari. Keesokan paginya, campurkan kurma dan air bersama. Anda bisa mengonsumsi campuran ini beberapa kali dalam sehari untuk mencegah serangan jantung.

3. Mengontrol berat badan

Kurma dikemas dengan nutrisi sehat, dan karenanya memberi rasa kenyang. Hal ini akan mengurangi keinginan Anda mengonsumsi makanan manis tidak sehat dan meningkatkan penurunan berat badan. Mengonsumsi kurma saat perut kosong atau sehabis bangun tidur di pagi hari, membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengendalikan kerja usus. Inilah salah satu manfaat terbaik mengonsumsi 3 kurma dalam sehari.

4. Memberi energi

Kurma mengandung gula alami seperti fruktosa, sukrosa dan glukosa. Karenanya, kombinasi kurma dengan susu akan memberi energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas.

5. Baik untuk kesehatan mata

Kurma diperkaya dengan zeaxanthin dan lutein yang memberi mereka kredit sebagai vitamin mata terbaik. Keduanya memainkan peran penting dalam pemeliharaan kesehatan makula dan retina. Hal ini juga mencegah potensi kerusakan pada makula.

6. Sumber zat besi

Bagi mereka yang menderita anemia, wajib menyertakan kurma sebagai bagian dari diet harian. 100 gram kurma mengandung 0,90 gram zat besi atau 11 persen asupan harian yang direkomendasikan.

7. Mengurangi tekanan darah tinggi

Kurma mengandung rendah natrium, namun kalsium dalam jumlah tinggi. Selanjutnya, porsi 5-6 kurma mengandung 80 mg magnesium. Hal ini membantu dan melancarkan pembuluh darah. Selanjutnya, mengonsumsi 370 mg magnesium setiap hari membantu menstabilkan tekanan darah.

8. Menghentikan sembelit

Jika Anda mengalami masalah sembelit, maka konsumsi beberapa kurma dan masukkan ke dalam segelas air sebelum tidur. Besok paginya minum air tersebut, karena akan membantu menghentikan sembelit.

9. Perlindungan terhadap stroke

Buah ini diketahui menstabilkan sistem saraf, karena mengandung sejumlah besar potasium. Mengonsumsi potasium dalam jumlah banyak dapat menurunkan risiko mengalami stroke hampir 40 persen.

10. Tingkatkan libido

Konsumsi beberapa kurma dan masukkan ke dalam mangkuk berisi susu kambing pada malam hari. Selain itu, tambahkan kapulaga dan madu ke dalamnya, lalu minumlah campuran ini di pagi hari. Kombinasi sehat ini diketahui bisa meningkatkan libido pada pria dan wanita dari segala umur.  []

Sumber: Boldsy


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *