Cabai Pedas
Foto: Cabai Pedas (tabloid bintang)

Saat BAB Anus Terasa Panas Usai Makan Pedas? Ini Alasannya!

 

Cabai Pedas
Foto: Cabai Pedas (Tabloid bintang)

INSPIRADATA. Apakah anda pecinta makanan pedas? Lalu apakah anda sering mengalami sembelit bahkan sering merasa pedas pada bagian anus?

Dilansir oleh Detik, Jum’at (24/3/2017). Ternyata secara biologis mulut dan anus memiliki kemiripan. Dalam anus ternyata terdapat sebuah reseptor saraf TRPV1 yang sensitif terhadap senyawa kimia pemicu pedas cabai bernama capsaicin.

Menurut Olivia Gordon, cabai yang anda makan tidak semuanya tercerna sempurna di saluran cerna. Ada yang diserap oleh tubuh masuk ke hati lalu dipecah, dan ada juga yang tidak terserap oleh tubuh dan ikut terbuang saat anda buang air besar.

BACA JUGA: 

Nyeri dan Cabai?

Maksudnya, ketika seseorang mengonsumsi banyak makanan pedas, capsaicin yang tersisa juga akan lebih banyak berinteraksi dengan reseptor TRPV1 seperti yang terjadi di mulut. Sensasi pedas di anus pun akhirnya muncul.

“Reseptor TRPV1 ini sebetulnya juga terdapat pada sepanjang jalur sistem pencernaan kita. Makanya kenapa orang-orang ada yang merasa keram atau tidak nyaman bila mengonsumsi makanan pedas,” ungkap Olivia. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *