Whatsapp & Facebook (foto: TeknoCrunch)

Saat WhatsApp dan Facebook Benar-benar Diblokir di China

Whatsapp benar-benar telah diblokir di China. Facebook pun tak punya kekuatan apapun di sana, mengingat Whatapp merupakan aplikasi terakhir dari AS di China.

Sebelumnya, pemerintah China sejak 2009 sudah memblokir Facebook. Kebijakan tersebut membuat aplikasi media sosial lokal Weibo menjadi populer disana. Pun begitu dengan Instagram.

Belakangan, pemerintah China mulai memblokir sebagian fitur Whatsapp disana. Pengguna kesulitan mengakses foto dan video. Namun kali ini, pemerintah China benar-benar memblokir aplikasi tersebut.

Seperti disampaikan Kriptografer di perusahaan penelitian asal Paris, Nadim Kobeissi, Pemerintah China sedang meningkatkan firewall disana untuk mendeteksi dan memblokir protokol yang digunakan Whatsapp untuk mengirim teks.

Sebelumnya, China juga sudah memperkuat firewallnya dengan kode untuk memblokir foto dan video Whatsapp. Seperti dilansir The New York Times.

Sementara itu, Facebook sendiri sebenarnya membutuhkan China untuk terus menumbuhkan usaha mereka. Sebab, milyaran penduduk China-lah yang belum ditundukkan oleh perusahaan tersebut. Mark Zuckerberg sendiri dikabarkan tengah belajar intensif bahasa Mandarin.

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. Whatsapp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar-pengguna.

Tapi aplikasi pesan instan lain seperti Skype dan Apple FaceTime masih diperbolehkan disana lantaran tak memiliki kebijakan kerahasiaan seketat Whatsapp. []

Sumber: CNN | The New York Times


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *