Api Unggun
Foto: Brilio.net

Saking Dahsyatnya Api Neraka sampai Mengoyak ke Dalam Hati

Dalam suatu hadis disebutkan bahwa tubuh para penghuni neraka itu kelak akan membesar luar biasa. Di samping itu, api masuk ke dalam tubuh mereka sampai menyentuh bagian terdalam dari tubuh mereka.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

سَأُصْلِيْهِ سَقَرَ. وَمَاأَدْرَاكَ مَا سَقَرُ. لَاتُبْقِى وَلَاتَذَرُ. لَوَّاحَةٌ لِّلْبَشَرِ

“Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Tahukah kamu apakah (Neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia.” (QS. Al-Muddatstsir: 26–30)

BACA JUGA: Ketika Penduduk Surga Menertawakan Penduduk Neraka

Mengomentari firman Allah: “Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan,” seorang ulama salaf mengatakan, “Api itu memakan tulang, daging, dan otak serta tidak membiarkannya dalam keadaan utuh.” (At-Takhwif min an-Nar, Ibnu Rajab, 146)

Allah berfirman,

كَلَّا لَيُنْبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَاالْحُطَمَةُ. نَارُ اللهِ الْمُوْقَدَةُ. الَّتِى تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya, ia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan. Yang (membakar) sampai ke hati.” (QS. Al-Humazah: 4–7)

Muhammadibn Ka’ab al-Qarzhi mengatakan, ”Api membakar orang itu sampai ke dalam hati. Apabila api telah mencapai hatinya, ia dihidupkan kembali.”

BACA JUGA: Belenggu, Rantai, dan Palu Godam untuk Penghuni Neraka

Dari Tsabital-Banani, ia menceritakan ayat ini kemudian berkata, “Api membakar mereka sampai ke dalam hati sementara mereka tetap hidup dan merasakan azab,” kemudian ia menangis. (At-Takhwif min an-Nar, Ibnu Rajab, 146)

 

Sumber: Surga dan Neraka | Karya: Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar


Artikel Terkait :

About matiar

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *