, Sakit Itu Ujian
Unik, Informatif , Inspiratif

Sakit Itu Ujian

0

Hidup tidak lepas dalam ujian dan cobaan, itu merupakan sunatullah dalam kehidupan. Manusia diuji dalam kehidupannya baik dengan hal tidak disukainya atau bisa pula pada perkara yang menyenangkan.

Allah SWT berfirman, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa’: 35).

Sahabat Ibnu ‘Abbas menafsirkan ayat ini: “Kami akan menguji kalian dengan kesulitan dan kesenangan, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kefakiran, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan.” (Tafsir Ibnu Jarir).

Dari ayat ini, kita tahu bahwa penyakit juga merupakan bagian dari cobaan Allah SWT yang diberikan kepada kita hambanya. Dibalik cobaan ini terdapat berbagai hikmah rahasia.

Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya. (HR.Muslim)

Hikmah di dalam sakit, yaitu:

1. Akan menghapus dosa
2. Akan membawa keselamatan dari api neraka
3. Mengingatkan kelalaian manusia

Ingatlah saudaraku, cobaan dan penyakit itu merupakan tanda kecintaan Allah kepada hamba-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah ta’ala jika mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberi mereka cobaan.” (HR. Tirmidzi, shohih). Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami keyakinan dan kesabaran yang akan meringankan segala musibah dunia ini. Amin.

DOA untuk yang sedang SAKIT : “Adzhibil ba’sa Robban Naasi, Isyfi wa Antasy Syaafiy laa syifaa-a illa syifaauka syifaaa-an laa yughaadiru saqoman” // Hilangkanlah penyakit ini wahai Rabb manusia sembuhkanlah & Engkau adalah penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhanmu, kesembuhan yg tidak menyisakan penyakit.” (HR.Bukhari Muslim) []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.