Unik, Informatif , Inspiratif

Sakit Perut Jenis Ini Jangan Sampai Anda Abaikan

0 49

Rasa sakit pada perut bisa muncul tiba-tiba. Penyebabnya pun beragam, bisa karena gangguan pencernaan, atau penyakit maag. Tak jarang, rasa sakit pada perut ini diabaikan, atau diobati dengan obat tanpa resep dokter.

Akan tetapi, sakit perut mungkin saja merupakan gejala dari suatu penyakit yang cukup serius. Berikut ini adalah jenis-jenis sakit perut yang perlu Anda waspadai:

1. Sakit Perut Seperti Ditusuk di Perut Bagian Bawah

Rasa sakit di bagian bawah perut seperti ditusuk pisau yang juga diiringi dengan mual, muntah, meriang, dan demam bisa jadi merupakan pertanda bahwa Anda mengalami batu ginjal.

Bila merasakan sakit seperti ini, sebaiknya Anda segera temui dokter untuk melakukan pemeriksaan CT Scan. Dan bila rasa sakit disebabkan oleh batu ginjal, dokter bisa memberikan obat untuk membantu meredakan rasa sakit dan mengeluarkan batu ginjal.

2. Sakit di Bagian Kanan Bawah Perut

Rasa sakit semacam ini biasanya disebabkan karena usus buntu. Rasa sakit bermula dari wilayah sekitar pusar dan semakin lama semakin ke bawah. Rasa sakit karena usus buntu akan diikuti dengan muntah, diare, dan sembelit. Usus buntu harus segera ditangani dan biasanya akan dilakukan operasi untuk mengangkat usus buntu. Bila tidak segera ditangani, usus buntu bisa pecah dan mematikan.

3. Sakit di Antara Tulang Rusuk

Menurut Kristine Arthur, MD, ahli penyakit dalam di Orange Coast Medical Center, sakit di antara tulang rusuk bisa jadi disebabkan oleh masalah pada jantung, terutama bila diikuti dengan sesak napas.

Penyebab lainnya adalah diabetes atau tekanan darah tinggi. Karena itu, segeralah temui dokter bila muncul rasa sakit seperti ini.

4. Sakit Setelah Makan Makanan Berlemak Tinggi

Hardeep Singh, MD, gastroenterolog di Rumah Sakit St. Joseph, mengatakan bahwa rasa sakit setelah makan makanan berlemak merupakan tanda gangguan pada kantung empedu. Apabila batu empedu menghalangi saluran yang mengarah ke usus kecil, sehingga menyebabkan empedu menumpuk, maka akan terjadi peradangan yang menimbulkan rasa sakit.

5. Diare atau sembelit diiringi dengan kram Perut

Hal ini merupakan pertanda terjadinya sindrom iritasi usus. Sindrom ini lebih umum diderita oleh wanita dibandinkan pria. Dokter dapat membantu dengan cara memberikan obat untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, sindrom iritasi usus juga dapat dicegah dengan mengatur pola makan dan mengurangi stres.

6. Rasa Sakit di Bagian Atas Perut Saat Sendawa

Pada orang yang telah lanjut usia, rasa sakit di perut saat sendawa bisa menunjukkan adanya masalah pada jantung, menurut Robert Glatter M.D., juru bicara American College of Emergency Physician. Bila terjadi muntah, sakit di punggung dan rahang, serta sesak napas, hal tersebut juga merupakan pertanda masalah serius.

7. Sakit Perut Tiba-Tiba

Bila sakit perut tiba-tiba datang, terutama pada orang yang memiliki masalah pada ulkus peptikum dan mengonsumi aspirin dalam jumlah banyak, bisa jadi menunjukkan terjadi perforasi lambung atau adanya pembentukkan lubang pada lambung. Sakit perut semacam ini harus segera ditindaklanjuti sebelum terjadi infeksi bakteria atau jamur yang menyebabkan peradangan pada lambung.

8. Sakit di Perut Bawah Sebelah Kiri

Sakit di perut bawah sebelah kiri dapat disebabkan oleh radang kantung usus besar atau divertikulitis. Rasa sakit akibat divertikulitis juga dapat dirasakan di sebelah kanan. Rasa sakit akibat divertikulitis bisa segera hilang bila cepat diobati. Bila tidak, maka bagian usus yang radang akan pecah dan bernanah hingga akhirnya memicu komplikasi dan muncul benjolan pada perut. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline