Unik, Informatif , Inspiratif

Salah Atur Keuangan? Ini 4 Solusi Paling Kredibel buat Anda

0 54

Keuangan adalah hal yang cukup vital dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya pernah berbuat kesalahan dalam hal uang. Bahkan seorang profesional sekalipun.

Meski sudah menjadi hal yang lumrah, namun dengan tindakan semuanya tetap dapat diperbaiki. Perencana keuangan bersertifikat, Eric Roberge memiliki saran untuk ini.

BACA JUGA: 3 Cara Mengelola Keuangan bagi Keluarga Muslim

Seperti dilansir Business Insider, berikut saran Eric saat Anda membuat kesalahan keuangan:

Jangan menyalahkan diri sendiri

Pertama-tama, Anda jangan menyalahkan diri sendiri dan menerima kesalahan yang baru saja Anda lakukan. Menurut Roberge, semakin lama Anda meratapi dan mengharapkan belas kasihan, maka situasi akan semakin buruk.

BACA JUGA: Kebiasaan Kecil Ini Bisa Tingkatkan Pundi Keuangan Kita

Tanggung jawab

Mengakui kesalahan adalah bagian tersulit yang harus dijalani. Sebagian orang justru memilih untuk melepaskannya. Namun, ketika Anda bertanggungjawab terhadap suatu kesalahan, maka Anda akan memiliki kekuatan khusus.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan ini sebagai pelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, serta menjadi sukses secara finansial dengan membuat pilihan yang lebih baik.

Berkomitmen untuk pilihan yang lebih baik

Jika Anda membuat kesalahan, mengakuinya, dan mengambil tanggung jawab untuk diri Anda sendiri, langkah selanjutnya adalah berkomitmen untuk belajar dari apa yang terjadi. Selain itu, upaya untuk mencegah diri Anda dari membuat kesalahan yang sama. Sekarang juga!

BACA JUGA: Tips agar Keuangan Aman di Akhir Bulan Ramadhan

Mulai bertindak

Ini adalah tantangan utama yang Anda hadapi sekarang, karena Anda bersiap untuk beralih dari kesalahan uang Anda dan membuat pilihan keuangan yang lebih baik di masa depan.

Anda mungkin sangat termotivasi untuk berhasil – tetapi tanpa kejelasan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, atau apa yang harus Anda fokuskan, Anda dapat terus membuat kesalahan meskipun berawal dari niat terbaik Anda.

Mengontrol arus kas, membuat prioritas kebutuhan, dan memilih penasehat keuangan yang terbaik bisa menjadi langkah selanjutnya dari Anda untuk memperbaiki kesalahan. []

SUMBER: BUSINESS INSIDER | MERDEKA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline