Beras Perelek dalam rangka May Day
Foto: Beras Perelek dalam rangka May Day

Salut! Peringati May Day, Buruh Purwakarta Bagi-bagi Beras Perelek

INSPIRADATA. 6.000 buruh di Kabupaten Purwakarta yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) merayakan May day dengan menggelar parade sosial dan budaya serta membagikan beras perelek (beras khusus untuk disumbangkan) sebanyak satu botol air mineral ukuran 600 mililiter. Demikian disitat dari Republika (1/5/2017).

“Kami terinspirasi dengan digalakannya lagi program beras perelek oleh bupati. Makanya, kami ingin hadir bersama masyarakat,” ujar Ketua FSPMI Kabupaten Purwakarta, Fuad BM.

Menurut Fuad, para buruh sengaja mengumpulkan beras ini sebagai bentuk kasih sayang terhadap masyarakat. Sampai saat ini masih banyak warga di Purwakarta yang mengkonsumsi beras miskin (raskin).

Dengan adanya kontribusi dari buruh ini, diharapkan keluarga miskin tak perlu lagi membeli beras bersubsidi tersebut. Melainkan, setiap bulannya ada bantuan dari buruh untuk mereka.

“Diperkirakan hari ini kami mampu mengumpulkan 4,5 ton beras, yang akan dibagikan untuk masyarakat di sekitar lokasi pabrik. Yakni, di Kecamatan Bungursari,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengapresiasi langkah buruh dalam ikut menyukseskan program beras perelek ini. Dengan begitu, pihaknya akan mengajak seluruh buruh, PNS, TNI/Polri untuk menggalakan lagi program beras perelek ini. “Karena kami ingin kedepan warga Purwakarta tak lagi mengkonsumsi raskin,” ujarnya.

BACA JUGA:

Peringati Hari Buruh 2017, Buruh Wanita Akan Turun Di Bundaran HI

Ajakan tersebut, kata Dedi, akan tertuang dalam payung hukum peraturan bupati (Perbup). Jadi, rinciannya, pekerja yang upahnya Rp 3 juta, harus menyisihkan beras sebanyak seperempat liter per bulannya. Pekerja dengan upah Rp 5 juta, menyisihkan beras sebanyak setengah liter.

Lalu, yang upahnya Rp 7,5 juta, beras yang disisihkan sebanyak tiga perempat liter. Adapun yang upahnya Rp 10 juta, beras yang disisihkan sebanyak satu liter per bulan. “Lebih dari Rp 10 juta, akan menyisihkan beras sesuai kelipatannya,” ujar Dedi. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *