Unik, Informatif , Inspiratif

Sama-Sama Teh, Ini Bedanya Matcha dan Green Tea

0

MATCHA dan green tea, keduanya merupakan bahan yang kini kerap ditemukan dalam beragam olahan, baik pangan maupun produk kecantikan. Matcha dan green tea sangat identik, sehingga banyak yang beranggapan keduannya itu sama. Namun, nyatanya matcha dan green tea punya perbedaan, lho. 

Berikut ini beberapa perbedaan antara matcha dan green tea:

proses pengolahan

Pada dasarnya, green tea dan matcha memang sama-sama berasal dari tanaman teh yang disebut Camellia Sinensis. Namun, keduanya mendapatkan pemrosesan yang berbeda sehingga hasil akhirnya pun beda. Green tea biasanya berbentuk kantong teh, sementara matcha berbentuk bubuk.

BACA JUGA: Yuk, Kenali Uniknya Ragam Teh dari Penjuru Dunia (1)

Matcha terbuat dari 100% daun teh hijau yang kemudian melalui proses sterilisasi dari sinar matahari selama 30 hari. Itu untuk menjaga pigmen daunnya tetap sempurna. Baru setelahnya dikeringkan dalam waktu singkat dan dihaluskan.

Adapun green tea terbuat dari daun dan tulang tanaman teh hijau. Seperti teh pada umumnya, green tea diolah tanpa melalui proses sterilisasi dan langsung dikeringkan. Pada green tea powder, daun teh tidak mengalami proses seperti matcha tetapi hanya dihaluskan. Warnanya cenderung kuning kecokelatan, beda dengan matcha yang berwarna hijau pekat.

Kandungan nutrisi

Green tea dan matcha sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, matcha memiliki proporsi yang lebih besar. Sebba, Matcha lebih banyak mengandung antioksidan, kafein, poluphenols, chlorophyl dan L-Theanine, karena proses pengolahannya yang lebih rumit dan detail. Ini membuat kandungan nutrisinya juga jauh lebih terkonsentrasi daripada teh hijau biasa.

Sebuah penelitian menyebutkan kalau minum satu cangkir matcha sama dengan minum tiga cangkir green tea.

Cita rasa

Dari segi rasa, matcha dan green tea juga punya berbeda. Matcha memiliki rasa umami yang menonjol dan diiringi rasa vegetal yang segar dengan tekstur yang tebal. Jadi, matcha terasa lebih kental dan creamy. Sedangkan green tea memiliki rasa yang identik dengan daun dan rasa sepat yang menyegarkan, teksturnya tidak setebal matcha.

Penyajian

Penyajian green tea biasanya hanya dalam sajian minuman saja. Rasa green tea yang agak pekat membuatnya jarang ditambahkan pada makanan. Ini menandakan, jika ada menu makanan yang menamakan olahan green tea, bisa jadi hal itu keliru. Mungkin yang dimaksud adalah matcha. Seperti dalam campuran kue, bahan yang biasa digunakan bukanlah green tea melainkan matcha. Bentuk matcha yang berupa serbuk halus membuatnya mudah diolah sebagai bahan tambahan dalam masakan.

BACA JUGA: Ini Nih Makanan Sehat Cocok di Pagi Hari

Manfaat

Di banyak penelitian menyebutkan bahwa minum teh hijau secara teratur bermanfaat bagi kesehatan kulit. Teh hijau dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat dan melawan radikal bebas. Senyawa katekin yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat bekerja untuk meredakan kemerahan akibat noda pada kulit. []

SUMBER: BEAUTYNESIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.