DPR RI

Sampai Hari Ini Pansus Hak Angket KPK Belum Dibentuk

INSPIRADATA. Masa reses Dewan Perwakilan Rakyat akan segera berakhir, dan rapat paripurna pun akan dilaksanakan pada hari Kamis (18/5/2017). Namun, sampai saat ini belum satu pun Fraksi yang menyetorkan nama anggotanya untuk masuk ke dalam Pansus Hak Angket KPK. Demikian disitat dari Republika, Rabu (17/5/2017).

“Sepengetahuan saya sampai hari ini belum ada yang masuk anggota dari kepanitian angket. Jadi besok paripurna pembukaan, besok acaranya tunggal, pembukaan dibacakan ketua DPR RI,” kata Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto saat ditemui di Kompleks Parlemen, Rabu (17/5).

Setelah Paripurna Pembukaan, DPR akan langsung menyelenggarakan rapat Badan Musyawarah (Bamus). Menurut Agus, rapat Bamus ini bertujuan untuk membahas agenda rapat dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang akan dilaksanakan pada Jumat (19/5/2017).

Kemudian, jika pada rapat Bamus itu ada fraksi yang menyetorkan nama, maka Pansus Hak Angket KPK bisa langsung dibahas.

“Begitu juga sebaliknya, apabila tidak ada fraksi yang mengirimkan anggotanya, maka kepanitiaan angket itu tidak bisa dibentuk,” kata Politikus Partai Demokrat tersebut.

Namun, kata Agus, keputusan yang menyangkut Hak Angket ini akan diputuskan secara kolektif kolegial. Sebab, hak angket ini adalah hak yang melekat pada setiap anggota.

Sehingga bukan hanya keputusan yang diambil oleh fraksi atau pimpinan DPR. “Apapun putusan angket interpelasi semuanya kolektif kolegial,” kata Agus. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *