Unik, Informatif , Inspiratif

Sarapan dengan Es Krim Bisa Bikin Pintar

0

Pernahkah Anda berpikir untuk menjadikan es krim sebagai menu sarapan pagi?

Ya, hal tersebut akan sangat aneh. Namun, penelitian di Jepang mengklaim, sarapan dengan es krim bisa tingkatkan kemampuan otak.

BACA JUGA: Karya Anak Bangsa Hasilkan Es Krim Pare

Yoshihiko Koga, seorang profesor asal Jepang yang menemukan bahwa orang yang makan es krim setelah bangun tidur bisa menjadi lebih pintar. Menurut hasil penelitiannya, es krim bisa mempercepat respon seseorang dan mengurangi gangguan mental ringan.

Dalam eksperimennya, profesor dari Kyorin University di Tokyo ini meminta partisipan makan es krim di pagi hari.

Kemudian mereka harus menyelesaikan tes maupun kuis mental di komputer. Ia juga meneliti kelompok partisipan lain yang sarapan tidak dengan es krim, tapi menu sarapan normal seperti roti atau omelet.

Profesor Koga pun membandingkan hasil tes pada kedua kelompok dan mendapati kelompok yang sarapan dengan es krim lebih baik dalam memroses informasi baru dan reaksi mereka juga lebih cepat.

Setelah menganalisa aktivitas otak para responden, Profesor Koga menemukan adanya peningkatan gelombang Alpha berfrekuensi tinggi pada otak. Gelombang ini, berkaitan dengan peningkatan kewaspadaan dan menurunnya gangguan mental.

BACA JUGA: Demi Keluarga, Pria Ini Rela Jualan Es Krim hingga ke Lautan

Seperti dikutip dari Daily Mail, Profesor Koga menyimpulkan dinginnya es krim memunculkan efek kejut pada otak sehingga ikut meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran. Ia juga mengadakan eksperimen dengan air dingin, untuk melihat apakah juga menghasilkan efek yang sama.

Partisipan diminta meminum segelas air dingin segera setelah bangun pagi. Suhu air yang dingin ternyata juga meningkatkan kewaspadaan, tapi efeknya tidak sebesar saat memakan es krim. []

SUMBER: DETIK


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.