Salju Turun di Arab Saudi (Foto: Okezone)

Saudi Dilanda Musim Dingin, Ini Tanggapan Astronom

Cuaca yang tak menentu menyebabkan beberapa negara mengalami bencana alam. Pun begitu dengan Arab Saudi, yang baru-baru ini diserang banjir dan musim dingin. Astronom menanggapi hal tersebut.

Seorang peneliti astronomi dan anggota Uni Arab bidang Astronomi dan Ilmu Luar Angkasa (AUASS), Khalid Al-Za’aq, mengatakan bahwa musim dingin tahun ini tidak akan separah seperti yang telah diantisipasi oleh beberapa peramal cuaca dan iklim.

Dia mengimbau agar masyarakat Saudi tetap tenang. Karena beberapa pekan terakhir, masyarakat ketakutan dengan musim dingin yang akan datang.

Para netizen menggambarkan musim dingin yang akan datang sebagai cuaca yang parah dan menjadi ‘terdingin’ yang melanda Arab saudi sejak 2007.

Namun, ungkapan mereka nampaknya berbeda dengan pendapat para peramal cuaca yang berpengalaman. “Pembentukan awan dan gerakan angin memberikan indikasi yang jelas bahwa musim dingin tahun ini normal,” ujar Al- Za’aq, seperti dilansir¬†Arab News, Kamis (07/12/2017).

Penduduk setempat telah menyebut 40 hari terdingin pada musim dingin, yang disebut Al-Marbaniyeh, yang dimulai pada Desember dan berakhir pada Januari. Namun demikian, Al-Za’aq mencatat bahwa suhu selama periode itu justru menurun.

Kendati demikian, ia mengantisipasi bahwa wilayah utara dan barat laut Kerajaan, serta Al-Jouf dan Hail, akan mengalami suhu di bawah nol derajat celcius. Dia mengatakan, bahwa suhu di wilayah Qassim dan bagian utara Riyadh mungkin akan mengalami suhu yang lebih rendah lagi.

“Ini bukan hal baru bagi bagian-bagian Kerajaan ini. Ini, sebenarnya, terjadi hampir setiap tahun,” kata Al-Za’aq.

Pada tahun 2008 silam, saat itu kondisi di Saudi mengalami cuaca yang cukup keras. Namun, sang ahli mengatakan bahwa indikasi meteorologi saat ini menunjukkan bahwa kondisi cuaca tahun ini akan biasa dan menyenangkan. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *