Unik, Informatif , Inspiratif

Sayur dan Buah Sehat Ini Ternyata Bisa Berbahaya

0
Foto: QueensCare Health Centers

INSPIRADATA. Setiap orang menganggap bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran adalah makanan yang sehat. Buah dan sayur dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit dan membantu kita dalam berdiet. Namun, ternyata ada juga sisi negatif dari anggota 4 sehat 5 sempurna ini.

Dilansir dari jadiberita.com, buah dan sayur ternyata juga berpotensi dapat membahayakan kesehatan tersebut, berikut penjelasannya:

  1. Apel

Ternyata buah ini berbahaya, tapi untungnya hanya bagian biji saja. Para Ilmuwan berhasil menemukan bahwa biji apel tadi mengandung cyanogenic glycoside, atau sianida.Memang belum pasti berapa banyak biji yang harus Anda telan untuk dapat mematikan, tapi setidaknya, begitu makan apel dan Anda merasakan sakit perut, atau muntah-muntah, keringat berlebihan, segera ke dokter dan minta pertolongan atas keracunan sianida, sianida sudah terkenal mematikan!

  1. Bayam

Mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium sehingga kalsium tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan membentuk kristal yang dapat mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Kandungan asam oksalat yang tinggi pada bayam bisa berbahaya pada seseorang sebab hanya dengan 4-5 gram asam oksalat dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa.

  1. Jengkol

Mengandung asam jengkolat, keracunan terjadi jika kita mengkonsumsi jengkol dalam keadaan mentah juga tergantung pada kerentanan seseorang terhadap asam jengkolat.

  1. Kacang Merah

Mengandung fitohemaglutinin yang dapat membuat sel darah merah dan darah putih menggumpal jika dikonsumsi secara mentah atau kurang matang.

  1. Kacang Tanah

mengandung aflatoksin yang diproduksi oleh kapang aspergillus flavus dimana banyak terdapat pada kacang dan produk olahannya.

  1. Kentang

Mengandung solanin dan chaconine dari golongan gikoalkoloid dimana banyak pada kentang yang bernoda hijau pada umbinya, bertunas, dan secara fisik telah rusa atau membusuk.

  1. Seledri

Mengandung psoralen dari golongan kumarin dimana jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan sensitivitas pada kulit jika terkena sinar matahari.

  1. Singkong

mengandung linamarin dan lotaustralin dimana racun ini akan bereaksi dengan enxim dalam tubuh kemudian berubah menjadi hidrogen sianida yang sangat beracun. Racun ini banyak terdapat pada singkong yang mentah atau dimasak kurang sempurna dimana singkong yang pahit lebih banyak racunnya daripada yang manis.

  1. Tomat Muda

Mengandung atropin dan solanin dari golongan gikoalkoloid dimana banyak terdapat pada tomat muda yang belum matang, rasanya pahit, dan berwarna hijau muda. Racun ini biasanya akan hilang setelah tomat matang dan siap dikonsumsi.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline