silaturahmi
foto: ponpesalhidayah

Sebagian Penelitian Soal Hikmah Silaturahmi

silaturahmi
silaturahmi (foto: ponpesalhidayah)

INSPIRADATA. Bukan hanya lebaran saja, silaturahmi pun menjadi salah satu gaya hidup Muslim dalam meniti perjalanan menuju hubungan manusia dan ilahi.

Allah memerintahkan menyambung tali silaturahmi dan persaudaraan sebagaimana dalam AlQur’an. Di samping itu, Rasulullah juga menyebutkan, silaturahmi itu dapat memperpanjang umur dan menambah rezeki. Ini memang sejalan dengan berbagai riset ilmiah yang dilakukan belakangan ini.

Sebuah penelitian tentang hikmah silaturahmi, dilakukan oleh dua ornag ahli epidemik. Mereka melakukan riset pada gaya hidup dan kesehatan 4.725 orang penduduk di Alamedia County, California.

Hasilnya adalah mereka menemukan angka kematian tiga kali lebih tinggi pada orang yang hidup tertutup dibanding orang yang rajin silaturahmi dan menjalin hubungan.

Riset lain dilakuakn pada penduduk Seattel pada tahun 1997. Kesimpulan dari riset tersebut adalah, biaya kesehatan lebih rendah didapati pada keluarga yang suka bersilaturahmi. Konon, keluarga yang seperti ini jauh lebih sehat dibanding keluarga lain.

MacArthur Foundation di AS berkesimpulan, sejalan dengan penemuan tersebut. Ia menyatakan, manusia lanjut usia bisa bertahan hidup lebih lama disebabkan oleh mereka yang kerap bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, serta rajin dalam pertemuan-pertemuan.

Referensi:
Isnawati, Nurlaela. 2014. Rahasia Sehat dan Panjang Umur. Jogjakarta: Sabil


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *