Ilustrasi Foto: Konsultasi Psikologi indonesia

Sebaiknya Empat Hal Ini Kita Hindari, No.2 Ternyata Harus Juga

Banyak hal yang senantiasa menjadi kegiatan hingga kebiasaan sehari-hari. Baik secara sadar ataupun tidak, adakalanya suatu hal yang sering kita kerjakan ternyata memiliki pengaruh besar terhadap hidup kita.

Beberapa kegiatan yang menyehatkan sangat banyak, begitupun sebaliknya soal kegiatan yang berdampak buruk. Seperti dilansir Boldsky, berikut ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya kita hindari setiap harinya:

1. Duduk terlalu lama

Tak jarang sehari-hari Anda menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Baik saat bekerja, maupun mereka yang masih duduk di bangku kuliah.

Tak jarang yang duduk dalam waktu lebih dari delapan jam sehari karena tuntutan aktivitas. Padahal, ini adalah salah satu hal yang sangat berbahaya karena duduk dalam waktu yang terlalu lama memicu obesitas, meningkatkan resiko stroke, tekanan darah tinggi, dan kolestrol.

2. Terlalu memikirkan berat badan

Banyak orang yang khawatir dapat mengalami obesitas. Tak sedikit yang mengacu kepada berat badan dan sangat khawatir apabila timbangan mereka memiliki angka yang besar atau bergerak jauh ke kanan.

Padahal, terlalu memikirkan berat badan tanpa memperhatikan kondisi tubuh yang sebenarnya hanya akan membuat Anda mudah stres. Pada akhirnya itu berpengaruh pada kesehatan mental, yang bukan tak mungkin berujung kepada depresi maupun melakukan hal-hal nekad.

3. Postur bungkuk

Postur tubuh yang bungkuk bukan menjadi keinginan setiap orang. Namun, tak jarang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki postur tersebut saat berdiri maupun berjalan, bahkan hingga duduk.

Tidak hanya terlihat buruk, postur bungkuk ternyata juga mempengaruhi kesehatan. Dalam jangka pendek, ini dapat menyebabkan nyeri punggung, bahu, dan leher. Kemudian, dalam jangka panjang keluhan kesehatan lainnya yang dapat dialami adalah spondilitis, anomali vertebra, hingga membuat punuk di punggung berkembang.

Sadari dengan cepat saat tubuh Anda berada dalam posisi bungkuk dan perbaiki segera. Dengan rutin menjaga postur, secara otomatis tubuh mempertahankan postur tegap seperti yang seharusnya.

4. Tidur pada jam ganjil saat siang atau malam

Terkadang Anda ingin tidur di jam-jam yang terkesan ‘ganjil’ atau tidak seharusnya dalam satu hari. Seperti tidur pada pukul 4 di sore hari dan kemudian pukul 1 pagi.

Padahal, tubuh sebenarnya membutuhkan rutinitas yang tepat setiap harinya untuk beristirahat. Dengan memiliki jam tidur yang rutin dan tepat setiap harinya, seperti tidur pukul 10 malam untuk beristirahat Anda dapat mengurangi energi yang keluar terlalu banyak.

Temukan waktu rutin yang memungkinkan Anda dapat beristirahat dengan cukup yaitu delapan jam setiap harinya. Ketidakstabilan jam tidur dapat menyebabkan insomnia, gangguan pencernaan, dan dalam jangka panjang stres. []

Boldsky | Republika


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *