Sebelum 2040, Diperkirakan Muslim Menjadi Jumlah Penduduk Terbesar ke-2 di AS

muslim-di-asINSPIRADATA. Menurut Pew Research memperkirakan sekitar 3,3 juta populasi Muslim yang tinggal di Amerika Serikat pada tahun 2015. Ini menunjukkan total populasi Muslim di AS adalah 1% dari seluruh total penduduknya yang berjumlah 322 juta jiwa. Diperkirakan jumlah ini akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2050.

Dilansir World Bulletin pada Sabtu (29/11/2016), perkiraan pertumbuhan umat Islam ini dilihat dari pertumbuhan demografis sejak tahun 2011, yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Pertumbuhan ini dilihat dari segi usia, fertilitas, mortalitas, migrasi dan pindah agama yang diambil dari berbagai sumber, termasuk salah satunya adalah Survei Muslim Amerika pada tahun 2011.

Dibeberapa kota, terlihat peningkatan populasi Muslim signifikan yang mencapai lebih dari 1%. Bahkan dibeberapa negara pertumbuhan umat Islam ini tidak menuntu seperti di New Jersey, yang kenaikan pertumbuhan populasi Muslimnya bisa mencapai dua atau tiga kalinya, yang terdiri dari lebih banyak orang dewasa per rata-rata kapita nasional.

Baru-baru ini dalam sebuah debat mengenai imigrasi Muslim di AS, telah banyak mendorong banyak orang untuk bertanya, berapakah jumlah umat Islam di Amerika Serikat? Namun jumlah ini belum bisa di jawab karena Biro Sensus AS tidak menghitung secara resmi penduduk AS berdasarkan kategori agama.

Semenjak perkiraan pertama, jumlah populasi Muslim di Amerika pada tahun 2007 telah meningkat secara stabil. Selain itu diperkirakan, penduduk Muslim AS akan tumbuh lebih cepat daripada Hindu dan Yahudi selama dekade mendatang. Bahkan menurut sumber tersebut, sebelum 2040, populasi Muslim di perkirakan akan menjadi penduduk terbesar ke dua di Amerika setelah kristen. Selain itu diperkirakan pada tahun 2050 populasi Muslim di AS mencapai 8,1 juta jiwa atau 2,1% dari total penduduk

Lebih dari setengah pertumbuhan penduduk Muslim di Amerika pada tahun 2010-2015, dipengaruhi oleh imigrasi. Selam 20 tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah imigran Muslim yang datang ke Amerika. Tercatat sebanyak 10% imigran itu berstatus legal, dan ada beberapa imigran lainnya masuk dengan cara ilegal.

Penyebab utama dari pertumbuhan Muslim di Amerika Serikat baru-baru ini adalah jumlah anak yang dimiliki oleh para Muslim, jika dibandingkan dengan penduduk Amerika atau agama lain di AS. Selain itu, faktor menikah muda di kalangan umat Islam, semakin mendukung akan pertambahan penduduk Muslim. []


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *