Seblak, Kuliner Kenyal Bercitarasa Gurih dan Pedas

kuliner-seblakINSPIRADATA. Seblak merupakan makanan yang populer di tanah sunda, khusunya di kota Bandung dan sekitarnya. Kuliner ini punya banyak penggemar terutama dari kalangan pecinta masakan pedas. Seblak bisa dibilang kuliner yang naik daun dan cukup cepat mencapai popularitas. Bagaimana sejarahnya?

Dilansir dari berbagai sumber di media, Seblak yang baru dikenal sekitar tahun 2000-an, setelah ditelusuri ternyata punya kemiripan dengan kuliner khas Sampiuh, Jawa Tengah yang bernama kerupuk godog. Mungkin karena sama-sama berbahan dasar kerupuk dan pengolahannya pun sama yaitu digodog atau direbus, maka kuliner dari Sampiuh tersebut mungkin saja merupakan cikal bakal seblak yang kita kenal sekarang.

Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang pedas menjadi daya pikat tersendiri. Citarasa khas ini merupakan perpaduan dari bumbu rempah yang didominasi oleh kencur, cabe rawit, dan bawang.

Awalnya seblak hanya dikenal sebagai makanan yang identik dengan rakyat kecil. Sebab, bahan dasarnya terbilang murah dan penyajiannyapun mudah. namun, sekarang penggemarnya merata ke semua lapisan masyarakat. Sehingga, kuliner kenyal yang bercitarasa gurih dan pedas ini bisa dengan mudah dijumpai. Sebeneranya kuliner ini bisa dibuat sendiri di rumah. Namun, seiring popularitasnya, olahan kerupuk ini dikembangkan menjadi berbagai varian, mulai dari telur, mie, makaronie dan lain sebagainnya. Penggemarnya  pun bisa mendapatkannya dengan mudah karena seblak biasanya tersedia baik itu di warung-warung, pedagang kaki lima, caffe maupun restoran.

Jika anda penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah. siapakan saja bahan dasarnya yaitu kerupuk kuning mentah beserta air panas, dan bumbu-bumbu seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kencur dan juga penyedap rasa. Tidak  sulit membuatnya. Hanya perlu mengolah semua bahan tadi dengan bebrapa langkah mudah saja. menghaluskan semua bumbu kemudian menumisnya. Bisa juga ditambahnkan berbagai macam toping sesuai selera, misal telur atau sosis. Panganan ini pun bukan hanya menjanjikan cita rasa gurih, pedas dan nikmat, melainkan juga protein dan karbohidrat yang terkandung terkandung dalam telur atau mie sebagai pelengkapnya.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *