Fosil Mammoth

Sedang Menggali Ladang, Petani Ini Menemukan Sesuatu yang Menakjubkan

INSPIRADATA. Seorang petani yang sedang menggali ladangnya tiba-tiba menemukan sebuah benda mirip tiang pagar yang bengkok penuh dengan lumpur. Setelah digali lebih dalam, tak disangka benda tersebut adalah fosil binatang purbakala berusia 15.000 tahun.

Petani tersebut bernama James Bristle, dia memiliki ladang di Michigan Selatan. Setelah diamati, fosil tersebut berasal dari binatang mammoth wol purba yang hidup sekitar 15.000 tahun lalu.

Dengan menggunakan ekskavator, tim ahli paleontologi dari University of Michigan telah menemukan sekitar 20 persen kerangka binatang raksasa purba itu.

Bagian-bagian yang ditemukan diantaranya, panggul, tengkorak, dua gading, tulang rusuk, tulang belikat, serta tulang belakang.

“Kami menduga manusia purba membunuhnya di sini dan menyimpannya untuk diambil dagingnya kemudian hari,” jelas Daniel Fisher, seorang ilmuwan yang memimpin penggalian tersebut, seperti disitat dari The Guardian, Kamis (8/6/2017).

Fisher menambahkan, ditemukan pula benda seukuran bola basket di dekat fosil tersebut. Fisher menduga benda itu digunakan untuk mengikat bangkat mammoth.

Mammoth dan mastodon, binatang purba yang mirip gajah ini, biasa ditemukan di dataran Amerika Utara, sampai akhirnya menghilang sekitar 11.700 tahun yang lalu.

Fisher menginformasikan, sebanya 300 fosil mastodon dan 30 mammoth telah ditemukan di seluruh daratan Michigan. Namun, pencarian fosil selama ini belum ada yang selengkap di ladang Bristle.

Bristle mengatakan membeli ladang tersebut beberapa bulan yang lalu. Dia dan temannya menggali ladang tersebut untuk membuat jalur pipa gas.

“Ketika cucu saya yang berusia 5 tahun datang dan melihat panggul tersebut, dia hanya bisa tertegun. Dia benar-benar takjub,” kata Bristle.

Fisher mengatakan tulang itu akan dibawa untuk dibersihkan dan diteliti guna mencari tahu tanda aktivitas makhluk hidup pada jaman purba.

Penelitian tulang belulang mammoth itu akan mengungkap kapan manusia pertama kali menginjakan kakinya di Benua Amerika, pungkas Fisher. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *