miskin karena sedekah
Foto: welcome

Sedekah di Bulan Ramadhan, Ini Keutamannya

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, rahmat dan anugerah. Di mana pahala berlimpah ruah di bulan ini. Setiap kali melakukan hal-hal yang baik, Allah melipatgandakan pahala atas apa yang diperbuatnya itu. Salah satu hal yang baik itu ialah bershadaqah.

Shadaqah atau infak berarti memberikan beberapa harta yang dimilikinya kepada orang yang membutuhkan. Jika dilakukan dengan ikhlas, semata-mata hanya untuk menggapai ridha-Nya, keutamaan sedekah sama nilainya dengan berjuang pada jalan Allah.

Diriwayatkan dari Umar RA, bahwasanya apabila Ramadhan tiba, ia berkata, “Selamat datang bulan yang membersihkan kami. Bulan itu seluruhnya baik, Puasa pada siang harinya, shalat malam pada malam harinya, dan shadaqah pada bulan Ramadhan itu seperti shadaqah dalam perjuangan pada jalan Allah.”

Jadi, tunggu apa lagi, mari kita sama-sama sisihkan sedikit harta yang kita miliki untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang membutuhkan.

Jika bershadaqah dalam perjuangan pada jalan Allah cukup sulit, nah di bulan ini momen yang pas untuk Anda mewujudkannya. Selagi Allah memberikan kesempatan dan rezeki berlebih, jangan pernah lewatkan ini. []

Sumber: Terjemah Tanbihul Ghafilin Peringatan bagi Orang-orang yang Lupa 1/Karya: Abu Laits as Samarqandi/Penerbit: PT Karya Toha Putra Semarang


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *