Unik, Informatif , Inspiratif

Sedotan Pemurni Air, Benarkah Ada?

0

Saat berada di alam bebas, terlebih saat bencana alam yang amat diperhatikan adalah air dan kebersihannya. Suatu alat diklaim dapat menjadi solusi dalam konsumsi air bersih, sedotan penyaring.

Benarkah alat tersebut ada?

Seperti dilansir Daily Mail, alat yang diklaim bisa menyaring air kotor dan bisa langsung menyediakan air bersih itu dapat digunakan saat kita menyedot air dengan mulut. Alat tersebut dikenal luas dengan nama Life Straw-salah satunya.

BACA JUGA: Perjalanan Histori Sedotan

Alat ini memiliki serat berongga yang diklaim bisa menyaring berbagai macam bakteri, protozoa, parasit, hingga mikroplastik dengan tingkat keberhasilan mencapai 99,99 persen.

Berbagai bakteri yang bisa disaring oleh alat ini adalah bakteri penyebab datangnya penyakit seperti e.coli, campylobacter, cholera, pseudomonas aeruginosa, shigella, serta salmonella.

Untuk menggunakan peralatan ini, kita hanya perlu membuka bagian sisi ujung sedotan pemurni air ini. Setelahnya, bagian dasar sedotan tinggal diletakkan di permukaan air yang tidak layak minum. Lalu, kita tinggal mengisap bagian ujung lainnya untuk menyaring air sekaligus mendapatkan air yang sudah layak untuk diminum.

BACA JUGA: Yuk, Cari Tahu Siapa Pemilik Ide Pembuatan Sedotan

Menurut Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba dr. Harry Parathon, peralatan ini ternyata memang sudah terbukti mampu menyaring air yang tidak layak menjadi air yang layak untuk diminum secara langsung.

Dr. Harry sendiri mengaku beberapa kali melihat ada orang yang membawanya, khususnya saat berkemah di alam liar sehingga bisa langsung meminum air dari sungai melalui peralatan tersebut. []

SUMBER: DOKTERSEHAT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline