Seduh Susu Bubuk, Perhatikan Hal Ini Agar Probiotiknya Tak Hilang

INSPIRADATA. Susu bubuk menjadi salah satu minuman yang kaya akan nutrisi. Sebagian bahkan ada yang mengandung probiotik.

Namun apabila susu bubuk tersebut diseduh dengan asal-asalan, maka bisa dipastikan probiotiknya akan hilang.

Hal itu disampaikan dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR dr Saptawati Bardosono, SpGK, MSc atau yang akrab disapa dr Tati.

Dr. Tati menganjurkan, susu bubuk yang kaya akan probiotik sebaiknya tak langsung diseduh dengan air panas bersuhu 100 derajat celsius. Sebab, kondisi tersebut membuat probiotik mati.

“Biasanya paling tinggi itu airnya 70 derajat Celcius, tidak boleh sampai 100 derajat Celcius nanti mati probiotiknya kan percuma. Sebaiknya memang tidak terlalu panas ya,” ujar dr Tati seperti dilansir dari Detik Health.

Sementara itu, jika susu bubuk diseduh dengan menggunakan air dingin, maka kandungan probiotik pun seperti sia-sia. Karena, air dengan suhu terlalu rendah tidak bisa membangunkan probiotik yang sedang berada dalam kondisi dormansi atau ‘tidur’.

“Iya kalau pakai air dingin, si probiotiknya yang masih tidur tidak bangun. Dia itu terbangun kalau diberi sesuatu yang hangat. Hangat lho ya, tidak panas. Jika diberikan air hangat begitu, nanti probiotiknya bangun dan berfungsi dengan baik,” demikian dr Tati.


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *