teh hitam kopi hitam, Sehat Mana, Teh Hitam atau Kopi Hitam?
Unik, Informatif , Inspiratif

Sehat Mana, Teh Hitam atau Kopi Hitam?

0

Masing-masing dari minuman ini punya penggemar khusus. Meski jarang ada penggemar dari keduanya, namun sisi kesehatannya tetap saja perlu ditinjau. Manakah yang lebih sehat, antara teh hitam dan kopi hitam?

BACA JUGA: CLR CFF, Kopi Bening yang Inspiratif dan Solusi Para Pecandu

Sebelum kepada perbandingan sisi sehatnya, berikut sedikit uraian dari kedua minuman tersebut:

Teh Hitam

Teh hitam sangat cocok dinikmati saat musim dingin tiba. Teh hitam yang diseduh dengan air panas akan membantu menghangatkan tubuh. Minuman ini juga dapat meningkatkan level imunitas dengan kandungan antioksidannya seperti polifenol.

Polifenol sangat membantu dalam memerangi bakteri, memperkuat tulang hingga baik untuk mencegah kanker ovarium. Selain itu, teh hitam juga kaya akan alkylamine antigen dan tanin untuk memperbaiki imunitas. Dibandingkan dengan kopi, jumlah kafein dalam teh hitam jauh lebih sedikit.

BACA JUGA: Hindari Minum Teh di 4 Waktu Ini

Kopi Hitam

Kopi hitam sangat disukai oleh pecinta gym. Meskipun sering dianggap sebagai minuman yang tidak menyehatkan, mengonsumsi kopi hitam disebut bisa memperpanjang usia. Selain potasium dan magnesium, kopi hitam juga mengandung antioksidan seperti teh.

Manfaat kopi hitam lainnya yaitu dapat mencegah beberapa penyakit seperti parkinson, kanker kulit ganas dan alzeimer. Selain itu, kopi hitam juga bermanfaat untuk penderita diabetes baik pada laki-laki maupun perempuan.

Lalu, manakah yang lebih baik?

Pada dasarnya, keduanya baik tergantung manfaat apa yang ingin diambil. Keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya yaitu jumlah kandungan kafein. Kopi hitam mengandung dua kali lebih besar kafein dibandingkan dengan teh hitam.

BACA JUGA: Ternyata, Teh Lebih Rusak Gigi dari Kopi

Jadi bagi Anda yang menbutuhkan minuman yang dapat membuat tubuh lebih segar dan semangat di pagi hari, kopi hitam adalah jawabannya. Namun, jika Anda membutuhkan minuman yang menghangatkan, maka teh akan lebih baik. []

SUMBER: TIMES OF INDIA | REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.