Unik, Informatif , Inspiratif

Seitan, Makanan Macam Apa Itu?

0

Seitan, makanan pengganti populer bagi kalangan vegan atau vegetarian. Kata seitan berasal dari bahasa Jepang, berarti protein dari gluten pada gandum.

Seitan disebarkan oleh George Ohsawa ke dunia internasional sekitar tahun 1960-an. Seitan terbuat dari gluten yang dapat ditemukan pada gandum.

BACA JUGA: Bolehkah Vegetarian Makan Telur? Ini Jawaban Ilmuwan

Tekstur yang padat membuat seitan benar-benar mirip daging. Rasanya yang hambar juga membuat seitan ini mampu menyerap bumbu atau saus. Harus dicoba di rumah nih!

Selain enak, seitan mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Kandungan tertingginya adalah protein yang beratnya mencapai 21 gram, setara dengan protein dari ayam dan sapi. Protein tersebut bagus untuk membantu produksi hormon dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Rasa yang hambar membuat seitan ini cocok dicampur dengan bumbu dan rempah apa saja. Kamu juga bisa mengolahnya dengan cara digoreng, dipanggang, dan dikukus.

Semuanya enak! Buat kamu pengikut vegan dan vegetarian tapi alergi pada kedelai, tahu dan tempe bisa jadi musuh besar. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba seitan ini. Aman banget, enak pula!

Seitan mengandung karbohidrat dan lemak yang sangat rendah, sehingga cocok buat kamu yang lagi diet. Protein yang terkandung dalam seitan bisa membuat kamu kenyang lebih lama, karena adanya penurunan kadar ghrelin.

BACA JUGA: Buah Persik Juga Cocok sebagai Cemilan Diet

Walaupun sehat, terlalu banyak mengonsumsi seitan juga gak baik, lho. Seitan mengandung natrium yang tinggi. Pencernaan kamu bisa terganggu dan mengalami peradangan.

Apalagi buat kamu yang alergi gluten, tidak diajurkan untuk mengonsumsi seitan. Sebab, bisa menyebabkan mual, diare, perut kembung, dan muntah. []

SUMBER: IDNTIMES


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.