Unik, Informatif , Inspiratif

Sejarah Asal Muasal Alat Transportasi Sepeda

0

Sepeda merupakan alat transportasi yang harus dikayuh oleh penggunanya agar bisa dijalankan. Konon, sepeda berasal dari Prancis. Sebelum bernama sepeda, ditulis Ensiklopedia Columbia, sepeda dikenal sejak abad ke-18 dengan nama velocipede.

Dalam berbagai catatan sejarah, Velocipede diketahui berasal dari Jerman. Saat itu seorang pengawas hutan bernama Baron Karls Drais von Sauerbron berusaha menciptakan alat transportasi untuk mendukung pekerjaannya pada 1818.

BACA JUGA: 5 Hal Penting Diperhatikan para Pemudik Sepeda Motor

Model sepeda yang dikembangkannya masih sangat sederhana, yakni gabungan antara sepeda dan kereta kuda. Sejarah kemudian mencatat namanya sebagai penemu sepeda, karena dianggap sebagai peletak dasar pertama teknologi pembuatan sepeda.

Sesudah itu pada 1839, seorang pandai besi asal Skotlandia, Kirkpatrick MacMillan menciptakan pedal besi untuk mengayuh sepeda. Pedal besi tersebut berfungsi sebagai alat untuk mendorong atau menggerakkan sepeda.

Pedal diaktifkan oleh engkol melalui gerakan turun naik kaki dalam mengayuh sepeda. MacMillan kemudian menghubungkan pedal dengan tongkat kemudi atau stang sederhana yang berfungsi untuk memandu arah perjalanan sepeda.

BACA JUGA: 4 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Penyempurnaan kembali dilakukan oleh pandai besi berkebangsaan Prancis, Ernest Michaux. Pada 1855, dia menciptakan pemberat engkol untuk menjaga agar gerak sepeda menjadi lebih stabil.

Selama 10 tahun kemudian atau 1865, seorang warga Prancis lain, Pierre Lallement, menambahkan lingkaran besi pada roda atau yang saat ini dikenal dengan istilah pelek atau velg. Selain itu, Lallement juga memperkenalkan model sepeda dengan ban belakang lebih kecil dari pada ban depan.

Tren sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama di Coventry, Inggris berdiri pada 1885. Pabrik yang didirikan James Starley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang. []

SUMBER: OKEZONE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.