Sidang Ahok

Di Sel Mana Ahok Ditempatkan? Ini Jawaban Karutan Cipinang

INSPIRADATA. Asep Sutandar selaku Kepala Rumah Tahanan mengatakan, pihaknya belum mempersiapkan sel mana yang akan ditempati oleh Ahok. Menurut Asep, saat ditelepon jaksa dia sedang melakukan seminar di Depok, Jawa Barat. Demikian disitat dari Brilio, Selasa (9/5/2017).

“Ini sedang dalam perjalanan ke rutan. Tidak ada persiapan khusus karena saya juga baru ditelepon jaksanya, katanya Pak Basuki mau masuk ke rutan,” ungkap Asep.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara tepat pada hari ini memvonis Ahok bersalah melakukan penistaan agama dan menjatuhkan hukuman penjara 2 tahun serta memerintahkan Ahok untuk langsung ditahan.

Putusan terakhir itu menjadi lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum sebelumnya yakni setahun dan 2 tahun masa percobaan. Pasal yang dikenakan sesuai dengan isi dakwaan yaitu pasal 156a tentang penodaan agama.

Di Rutan Cipinang ada tiga ruang blok tahanan, yaitu blok A Kriminal Umum, blok B untuk kasus Narkoba dan blok Tindak Pidana Korupsi. Saat masuk penjara ada tahapan yang akan dilakukan Ahok.

“Pertama tetap pemeriksaan kesehatan, lalu registrasi dan ditempatkan di blok mapenaling (masa pengenalan lingkungan) selama 1-2 minggu,” tutur Asep.

Selama masa penahanan tersebut, jika ada yang ingin menjenguk Ahok harus seizin pengadilan. “Untuk menjenguk harus ada izin yang menahan, dan kalau banding berarti di tingkat pengadilan,” jelas Asep. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *