manfaat buah pisang
Foto: NDTV Food

Selain Buahnya, Kulit Pisang Pun Punya 10 Manfaat Ini

pisang
pisang (Foto: NDTV Food)

INSPIRADATA. Sampai selama ini, hanya pisangnya saja yang dinikmati dan dibahas mengenai nutrisinya. Namun, ternyata kulitnya pun tak kalah bermanfaat dari buahnya.

Seperti yang dilansir dari stylecraze.com, berikut 10 manfaat kulit pisang yang wajib Anda ketahui sebelum membuangnya ke tempat sampah.

1. Memutihkan gigi

Gosok kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit sebelum Anda menyikat gigi seperti biasa. Cara ini ternyata bekerje efektif untuk memutihkan gigi tanpa membuang dana yang berlebihan.

2. Menghilangkan kutil

Kulit pisang juga mampu menghilangkan kutil yang mengganggu. Caranya sangat mudah, cukup aplikasikan di area yang terinfeksi kutil setiap malam.

3. Dikonsumsi

Tak hanya buah pisang saja yang bisa dikonsumsi, namun kulit pisang juga bisa dimakan, banyak resep-resep masakan India yang menggunakan pisang sebagai bahan makanan mereka. Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan untuk membuat daging ayam semakin empuk.

4. Mengatasi jerawat

Aplikasikan kulit pisang pada wajah dan tubuh selama 5 menit setiap hari. Cara ini ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel. Lakukan secara rutin selama satu minggu.

5. Mengurangi kerutan kulit

Kulit pisang juga dapat melembapkan kulit sehingga akan meminimalisir tampilan kerut di wajah Anda. Caranya, hancurkan pisang dan campurkan dengan kuning telur. Gunakan masker ini pada wajah dan diamkan selama lima menit sebelum Anda membilasnya dengan air digin.

6. Penghilang sakit

Aplikasikan kulit pisang langsung pada area yang terasa sakit. Diamkan selama 30 menit hingga rasa sakit hilang. Anda juga bisa mencampurkan kulit pisang dengan minyak sayur agar dapat bekerja lebih optimal.

7. Menyembuhkan Psoriasis

Kulit pisang bersifat melembapkan kulit sekaligus dapat mengurangi rasa gatal di kulit. Cara ini merupakan cara cepat untuk mengatasi psoriasis yang Anda alami.

8. Menyembuhkan gigitan serangga

Gosok kulit pisang pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Cara ini secara instan mampu menghilangkan rasa gatal dan kemerahan yang timbul di kulit.

9. Merawat sepatu, kulit, dan perak

Gosok kulit pisang pada sepatum kulit dan perak untuk membuatnya kembali bercahaya.

10. UV Protection

Kulit pisang mampu memproteksi mata dari paparan sinar UV yang berbahaya. Pastikan Anda mengaplikasikan kulit pisang di area sekitar mata sebelum terpapar sinar matahari. Cara ini juga sangat baik untuk mencegah katarak. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *