Unik, Informatif , Inspiratif

Selain dari Sinar Matahari, 10 Makanan Ini Juga Mengandung Vitamin D

0

 

VitaminD sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Manfaat dari vitamin ini adalah untuk membantu dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang kuat dan baik.

Selain itu Vitamin D berfungsi untuk menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia dan sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), dapat juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Agar tubuh kita mendapat asupan vitamin D yang cukup, maka Anda harus mengetahui makanan apa saja yang mengandung vitamin D ini? Berikut ulasannya.

1. Ikan

Ikan laut seperti salmon, mackerel dan tuna merupakan sumber vitamin D yang tinggi, terutama pada salmon. Oleh karena itu, memenuhi asupan salmon setiap hari terbukti lebih dari cukup untuk memberikan jumlah vitamin D yang diperlukan bagi tubuh. Selain mengandung omega 3, ikan laut juga mengandung mineral penting lainnya seperti kalsium.

2. Susu

Tak perlu diragukan lagi, susu sapi maupun susu kambing etawa memang mengandung vitamin D dan juga nutrisi penting lainnya. Dalam segelas susu, terkandung sekitar 100 UI vitamin D.

3. Telur

Mengonsumsi dua butir telur sehari dianjurkan untuk kesehatan tubuh karena selain diperkaya vitamin D, telur juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya serta protein yang dibutuhkan untuk fungsi dan membangun tubuh.

4. Minyak Ikan

Sumber vitamin D selanjutnya adalah minyak ikan. Satu sendok makan minyak ikan cod mengandung 1360 UI vitamin D. Itu artinya, takaran tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh vitamin D harian Anda.

5. Sereal

Sereal sebaiknya dikonsumsi sebagai menu sarapan setiap orang karena mempunyai manfaat esensial bagi kesehatan. Karena kandungan vitamin D cukup bervariasi dari produk sereal satu dengan yang lainnya, Anda disarankan untuk memeriksa kandungan nutrisinya sebelum membeli.

6. Jamur

Sama seperti sereal, jenis jamur memiliki berbagai tingkat kandungan vitamin D. Oleh karena itu, pilihlah jamur yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

7. Keju

Selain susu, keju ternyata juga mengandung vitamin D. adapun jenis keju yang disarankan yaitu keju ricotta karena mengandung vitamin D lebih tinggi dibandingkan jenis keju lainnya.

8. Udang

Sumber vitamin D lainnya yaitu udang. Dalam udang 85 gram, terkandung sekitar 129 IU vitamin D. Dengan kata lain, udang dapat mencukupi sekitar 32% kebutuhan vitamin D harian Anda. Selain itu, udang juga kaya akan protein dan mineral seperti zinc yang berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

9. Tiram

Selain udang, sumber vitamin D berikutnya adalah tiram. Seafood ini memiliki kandungan vitamin D 272 UI dalam setiap 85 gr-nya. Jadi, dengan mengkonsumsi tiram saja, Anda dapat memenuhi 68% dari kebutuhan vitamin D harian. Di samping itu, tiram juga diperkaya mineral penting seperti zinc.

10. Kedelai

Nah, ini dia makanan super bergizi selanjutnya. Selain kaya akan protein, kedelai juga mengandung vitamin D. maka dari itu, mulai sekarang penuhi asupan vitamin D dengan mengkonsumsi makanan dari bahan kedelai, seperti tempe, tahu, dan susu kedelai.

Itulah sepuluh macam makanan yang mengandung vitamin D. Mudah didapatkan bukan? []

Sumber: manfaattumbuhanbuah/magforbeauty


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.