Unik, Informatif , Inspiratif

Selain Kopi, Minum Jus Jeruk juga bisa Usir Kantuk Nih

0

Saat mulai mengantuk sedangkan aktivitas masih menumpuk, seseorang pasti akan membuat sesuatu yang dapat mengurangi rasa kantuknya. Biasanya tanpa berfikir panjang seseorang langsung membuat kopi untuk mengurangi kantuknya. Namun, bagaimana bagi orang yang tidak menyukai kopi?

Nah, selain kopi, ternyata telah terungkap dalam sebuah penelitian, jus jeruk memiliki khasiat yang sama dengan kopi yaitu meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi dan waktu reaksi.

Efek pada jus jeruk tersebut mampu diberikan hingga berjam-jam. Untuk orang-orang yang meminum jus jeruk ketika sarapan akan lebih terjaga hingga sore hari. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dari Universitas Reading yang meneliti 24 laki-laki muda melalui serangkaian tes mental pada dua hari yang berbeda.

Menurut penelitian itu, pada satu hari pertama, mereka minum segelas jus jeruk di pagi hari. Kemudian satu hari yang lain mereka minum air manis beraroma jus jeruk. Saat mengonsumsi jus jeruk yang sebenarnya, mereka dapat meningkatkan perhatian dengan hasil yang lebih baik.

Tingkat kewaspadaan mereka juga meningkat setengah jam kemudian, seperti yang dilaporkan dalam European Journal of Nutrition. Efek tersebut ternyata ditimbulkan karena flavonoids, yakni senyawa kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan yang sering ditemukan pada buah jeruk dan beri.

Aliran darah ke otak mengalami peningkatan dan penyampaian informasi antara sel-sel di otak menjadi lebih ringan. Penelitian sebelumnya juga mendukung penelitian ini, bahwa jus jeruk sangat baik untuk stimulasi otak jika dikonsumsi rutin berminggu-minggu.

Dengan minum 240 mililiter (satu gelas kecil) jus jeruk manfaat yang dirasakan sangat besar. Setelah minum porsi 240 mililiter jus jeruk, terjadi peningkatan signifikan hingga enam jam pada kognisi dan kewaspadaan. Makan buah yang kaya flavonoid bisa menjadi penyegar di pagi hari, dan di siang hari bisa lebih menjaga kewaspadaan dan konsentrasi saat belajar atau bekerja. []

Sumber: Carapedia.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.