3 manfaat vitamin e
Foto: Vitamins

Selain Lezat, 10 Jenis Makanan Ini Kaya Vitamin E

Makanan bervitamin E memiliki fungsi antioksidan, yang berguna menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas. Zat ini biasanya diproduksi ketika tubuh terpapar langsung dengan sinar UV, asap rokok, dan polusi yang menjadi penyebab utama berbagai penyakit kanker.

Sedangkan kebutuhan vitamin E bagi orang dewasa, per harinya cukup 15 miligram (mg). Untuk anak-anak membutuhkan 4 sampai 11 mg vitamin E setiap harinya.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan harian vitamin E Anda, berikut sepuluh jenis sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin E, dikutip dari Hello Sehat.

Kuaci
Kuaci, biji wijen, dan biji labu yang dikeringkan juga mengandung vitamin yang sama. Faktanya, mengonsumsi seperempat gelas kuaci hampir memenuhi 95% kebutuhan vitamin E harian Anda.

Minyak biji gandum
Mengonsumsi satu sendok minyak biji gandum Anda dapat memenuhi 100% kebutuhan harian. Selain, itu minyak zaitun juga mengandung 5 mg vitamin E.

Kacang hazelnut
Mengonsumsi satu ons kacang hazelnut dapat memenuhi 20% kebutuhan harian Anda. Anda bisa memakannya langsung sebagai camilan ataupun campuran kopi jika dihaluskan.

Alpukat
Setengah potongan dari buah alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Selain bisa dijadikan jus, alpukat dapat dinikmati dengan roti tawar atau dimakan langsung.

Brokoli
Sayuran ini memang sangat terkenal di antara daftar makanan sehat. Mengonsumsi secangkir rebusan brokoli bisa memenuhi 4% kebutuhan harian Anda.

Bayam
Selain vitamin E, sayur ini juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang diperlukan tubuh.

Lobak hijau
Walaupun rasanya agak pahit, lobak hijau memiliki kandungan folat dan vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan tentunya vitamin E. Mengonsumsi lobak hijau dapat memenuhi 12% kebutuhan harian Anda.

Mangga
Selain kaya vitamin, buah mangga juga mengandung kalium dan serat. Mengonsumsi secangkir jus mangga setara dengan 1,5 mg vitamin E.

Almond
Mengonsumsi satu ons kacang almond setara dengan 7,4 mg vitamin E. Selain itu, kacang ini mengandung vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi. Anda juga bisa mengonsumsinya seperti olahan susu almond atau minyak almond.

Tomat
Walaupun memiliki nilai kalori rendah, tomat mengandung kalium, vitamin A, dan tentunya vitamin E. Mengonsumsi secangkir tomat setara dengan satu mg vitamin E. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *