foto: alkeSMarInnO

Selain Memaniskan, Ini 7 Manfaat Lain Gula No. 4 Jarang Diketahui

Gula adalah bahan campuran untuk memaniskan makanan atau minuman. Selain untuk dikonsumsi, gula pun memiliki fungsi lain.

Selain untuk konsumsi, gula pun dapat dimanfaatkan mulai dari mengobati luka hingga scrub wajah. Berikut 7 hal fungsi lain gula:

1. Menghaluskan kulit telapak kaki

Telapak kaki pecah-pecah dapat menyebabkan perih dan menganggu aktivitas saat berjalan. Cara rumahan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencampurkan gula dan minyak peppermint. Campuran kedua bahan tersebut mampu untuk mengelupaskan kulit kering sekaligus memperhalus bagian kulit telapak kaki.

2. Membersihkan tangan

Tangan yang berminyak seperti terkena oli dan pelumas akan sulit dihilangkan jika menggunakan air biasa. Kamu bisa menggunakan gula untuk membersihkannya secara normal. Akan lebih baik jika ditambahkan dengan sabun cair, bekas sisa minyak yang menempel pada kulit akan hilang.

3. Buat bunga hidup lebih lama

Bunga-bunga indah yang cepat layu dan mati terkadang bikin kita kecewa. Kamu bisa gunakan tiga sendok teh gula dan cuka ke dalam wadah air bunga, agar mereka bisa lebih segar dan tahan lama. Gula juga terkenal baik untuk bagian batang bunga dan cuka mencegah tumbuhnya bakteri.

Selain bunga, jika kamu ingin kuemu tetap tahan lama untuk bisa dikonsumsi. Hal yang bisa kamu lakukan yakni menaruh balok atau potongan gula pada tempat penyimpanan.

4. Untuk luka dan terkena gigitan serangga

Bahan dapur satu ini ternyata punya fungsi untuk memberikan kemudahan agar luka menjadi cepat sembuh. Kamu hanya perlu menaburkan gula pada area yang terluka.

Selain itu, potongan gula atau balok gula ternyata juga bisa bantu area kulit yang terkena sengatan tawon. Oleskan area yang terkena sengatan untuk mengeluarkan racun serta mengurangi terjadinya pembengkakan.

5. Scrub bibir

Bibir pecah-pecah dan kering terasa tidak nyaman dan menganggu. Kamu bisa celupkan jari ke air dan ambil butiran gula pasir. Oleskan bibirmu dengan gula pasir dan lakukan gerakan memutar pada bibir. Cara ini bisa menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah.

6. Scrub tubuh

Kamu juga bisa menghilangkan kulit mati dengan menggunakan gula. Campurkan tiga sendok minyak nabati atau minyak zaitun dengan empat sendok teh gula. Setelah dioleskan dan digosokan ke dalam tubuh, lalu dibilas. Hasilnya, kulitmu akan terasa jauh lebih lembut.

7. Scrub wajah

Jika wajahmu terasa kering dan kasar, gula juga bisa menjadi salah satu solusinya. Campurkan satu sendok teh gula bersama dengan sesendok teh tepung beras dan satu sendok teh susu.

Sebelum campuran tersebut dioleskan kepada wajah, kamu perlu cuci muka dengan air supaya bersih. Oleskan pada wajah diiringi dengan gerakan memutar dan tunggu lima menit hingga kering.

Setelah dibilas, kamu bisa dapatkan kulit yang jauh lebih bersih dan halus dengan menggunakan gula.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *