Selain Sebabkan Infeksi Cacing Sushi Juga Bisa Mematikan, Ini Faktanya
Sushi

Selain Sebabkan Infeksi Cacing Sushi Juga Bisa Mematikan, Ini Faktanya!

INSPIRADATA. Sushi. Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas jepang ini. Makanan yang menyajikan ikan mentah untuk di makan. Namun, belakangan ini popularitas makanan Jepang itu semakin meroket. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun kian menggemarinya.

Dilansir oleh Liputan6, para dokter memperingatkan bahwa konsumsi sushi yang berlebih bisa berujung risiko serius, yaitu infeksi cacing parasit yang bisa mematikan.

Ikan mentah bisa mengandung cacing kecil, yang bisa masuk dalam usus manusia yang memakannya. Kondisi tersebut dikenal sebagai anisakiasis atau penyakit yang disebabkan oleh cacing dari family Anisakidae terutama Anisakis sp. Yang bisa menyebabkan sakit perut parah, muntah dan demam.

Dalam kasus yang lebih parah, hal yersebut dapat menyebabkan reaksi anafilaksis. Dimana parasit memicu detak jantung yang tidak menentu dan gagal napas pada penderitanya, yang bisa berakibat fatal.

Dalam insiden terakhir, seorang pria Portugis berusia 32 tahun mengalami penderitaan selama seminggu setelah makan irisan ikan mentah dari sebuah restoran Jepang.

Ketika dokter melakukan prosedur endoskopi atau memasukkan sebuah tabung panjang yang dilengkapi kamera di tenggorokannya, mereka menemukan sejumlah larva putih menggeliat yang masuk ke lapisan usus pasien. Cacing itu kemudian dibersihkan dengan menggunakan jaring khusus, pria tersebut akhirnya pulih.

Selain itu, para dokter di Lisbon yang merawat pasien memperingatkan paramedis lain, jika mereka menjumpai pasien dengan keluhan sakit, mual, muntah dan komplikasi lainnya seperti obstruksi usus dan pendarahan, harus ditanyakan apakah ia baru menyantap sushi.

Menurut r Joana Carmo, ahli gastroenterologi di Hospital of Egas Moniz di Lisbon, Portugal. Pasien dapat memiliki gejala alergi. Gejala gastrointestinal meliputi sakit perut, mual dan muntah dan komplikasi seperti pendarahan pencernaan, obstruksi usus, perforasi dan peritonitis juga bisa terjadi.

Kebanyakan orang percaya bahwa sushi adalah makanan bergizi rendah kalori, namun sejumlah penelitian menunjukkan, hidangan lezat itu sebenarnya bisa buruk bagi Anda.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang secara teratur makan sushi bisa berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Penelitian terbaru juga menemukan bahwa makan banyak sushi membuat orang terancam terkena kadar merkuri yang berbahaya, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, masalah dengan perkembangan sistem otak dan saraf, juga penurunan kinerja kognitif.

Tubuh pemakan sushi
Tubuh pemakan sushi

Sebelumnya, cinta seorang pria China pada sushi dan sashimi nyaris membunuhnya. Sebab, gara-gara itu, seluruh tubuhnya dipenuhi cacing pita.

Suatu hari, pria yang tak disebut namanya itu memeriksakan diri ke dokter. Ia mengeluhkan sakit luar biasa di perutnya dan gatal di seluruh kulitnya.

Dokter yang melakukan pemindaian pada tubuh pasien, menemukan kodisi horor: cacing pita memenuhi badan pria tersebut setelah ia kebanyakan makan sashimi — makanan ala Jepang berupa irisan daging ikan mentah.

Dokter yakin, ikan mentah yang dikonsumsi penderita telah terkontaminasi. Pasien akhirnya dirawat di Guangzhou No. 8, Rumah Sakit Rakyat di Provinsi Guandong di China timur. [


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *