Unik, Informatif , Inspiratif

Selama Ramadhan, Inilah Perilaku Nabi yang Patut Diteladani

0

 

Selama Ramadham, ada beberapa hal penting lain yang disarankan untuk diingat. Ini agar kita bisa meraih berkah puasa yang sesungguhnya. Hal-hal yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW jelas kiranya dapat membuat umat Muslim meningkatkan ruhiyahnya, lebih sabar, lebih peduli pada orang lain dan merasa diberkahi.

Apa saja?

  1. Menyegerakan berbuka puasa

Segera berbuka puasa setelah matahari terbenam sangat disarankan untuk dilakukan umat Muslim di bulan Ramadan. Saat adzan Magrib berkumandang, berbukalah dengan minum air putih, beberapa kurma atau buah lain sebelum solat.

BACA JUGA: Sedihnya Pisah dengan Ramadhan

  1. Berdoa setelah berbuka

Saat Anda berbuka puasa dengan potongan kurma pertama, ingat untuk berdoa dan meminta pada Allah apa yang Anda harapkan seperti maaf, kesehatan, rezeki dan pintu surga.

Hadits Nabi Muhammad SAW, ada tiga jenis doa yang tak pernah ditolak, pertama, doa orang berpuasa saat dia berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang teraniaya.

  1. Sahur menjelang waktu Subuh

Muslim disarankan untuk makan sahur mendekati waktu subuh dan jangan terlalu awal. Makanan sahur dapat berupa panganan ringan, segelas susu, pisang, roti, atau beberapa potong kurma.

Usahakan tidak meninggalkan makan sahur setiap malam karena makanan tersebut memberikan nutrisi yang dibtuuhkan tubuh dan membantu tubuh bertahan secara fisik selama berpuasa. Rasulullah SAW bersabda, makan sahurlah, ada berkah di dalamnya.

  1. Lakukan hal baik selama Ramadan

Selama Ramadan lakukanlah berbagai tindakan baik yang mendatangkan pahala. Hal-hal kecil bisa dilakukan seperti mengunjungi sanak saudara, menghabiskan lebih banyak waktu dengan orangtua, membantu orang lain, beramal atau membantu orang yang sedang terkena masalah.

BACA JUGA: Puasanya Para Nabi Dahulu

  1. Menyediakan makanan untuk berbuka puasa

Menyediakan makanan bagi orang lain untuk berbuka puasa dapat membuat Anda mendapatkan pahala yang setara. Tak ada pahala yang berkurang dari puasa orang tersebut.

  1. Membaca Al-qur’an

Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk membaca Qur’an. Apalagi jika Anda juga berusaha memahami maknanya dan menghafal firman-firman Tuhan di dalamnya. []

Sumber: www.liputan6.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline