Pelajar di Purwakarta

Selama Ramadhan, SD dan SMP di Purwakarta Diliburkan

INSPIRADATA. Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengeluarkan kebijakan, untuk meliburkan seluruh pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Para siswa di Purwakarta selama Ramadhan tidak menerima pembelajaran secara formal, namun mereka diberi tugas untuk memperdalam Al-Qur’an dan kitab kuning. Demikian disitat dari Republika, Rabu (24/5/2017).

Dedi Mulyadi selaku Bupati Purwakarta mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan surat edaran ke seluruh sekolah di Purwakarta. Jadi, pelajar SD dan SMP sudah mulai libur terhitung sejak hari pertama Ramadhan sampai selesai. Mereka diharuskan belajar di masjid, mushala, majelis maupun di rumah.

Itu pun, harus berdasarkan kesepakatan antara guru ngaji dan murid. “Tidak ada pelajaran formal selama puasa. Tetapi, anak-anak ini harus fokus perdalam agama. Terutama, baca Alquran dan kitab kuning,” ujarnya.

Menurut Dedi, kebijakan libur sekolah selama Ramadhan ini sudah bergulir sejak tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya adalah supaya anak-anak bisa fokus beribadah dan mendalami kitab-kitab Allah.

Tapi, walaupun sekolah libur, tetap nanti akan ada evaluasi terhadap pendalaman Al Qur’an yang telah dilakukan pelajar. Sehingga diketahui mana yang benar-benar mempelajarinya mana yang hanya main-main saja. “Yang mengevaluasi tentu gurunya. Hasilnya, dilaporkan ke bupati,” ujar Dedi.

Rasmita Nunung Sanusi selaku Kepala Dinas Pendidikan Indonesia, mengatakan, libur sekolah ini sudah berjalan selama tiga tahun. Anak-anak sangat antusian menyambut libur ini. Tapi tidak meninggalkan kewajiban mereka untuk belajar di bulan Puasa. “Akan ada buku aktivitas pelajar selama bulan puasa. Jadi, akan ketahuan anak-anak belajar atau tidaknya dari buku itu,” ujarnya. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *