Unik, Informatif , Inspiratif

Semakin Banyak Perempuan Muda Bunuh Diri, Mengapa (2-Habis)

0 55

Saat ini fenomena bunuh diri masih terus terjadi. Banyak penyebabnya. Di India angka bunuh diri di kalangan wanita muda semakin meningkat. Bunuh diri menjadi stigma besar di India. Stigma ini menjadi penghalang guna menyelesaikan akar masalahnya.

Associate Professor Peter Mayer dari University of Adelaide, seorang pakar mengenai bunuh diri di India mengatakan bahwa di India, jika kita menderita gangguan jiwa tidak saja masalah bagi orang itu sendiri, namun juga mempengaruhi kemungkinan saudara perempuannya untuk bisa menikah.

Kenyataan ini membuat sebagian besar menutupi depresi, menyembunyikan saudaranya yang sakit gangguan jiwa. Hal ini menjadi kesulitan tersendiri dalam penanganan penyakit depresi.

BACA JUGA: Semakin Banyak Perempuan Muda Bunuh Diri, Mengapa? (1)

India meloloskan UU Kesehatan Mental tahun 2017 namun masih dianggap kontroversial oleh beberapa kalangan.

Peraturan yang bertentangan di India Menurut UU Hukum Pidana, usaha melakukan bunuh diri bisa dikenai penjara maksimal satu tahun ataupun denda, dan rumah sakit harus melaporkan pasien yang hendak bunuh diri kepada pihak berwenang. Tahun lalu, Parlemen India meloloskan UU Kesehatan Mental yang pada dasarnya membuat tindak bunuh diri tidaklah lagi merupakan tindak kriminal.

Namun pendiri lembaga pencegahan bunuh diri di India Sneha, Dr Lakshmi Vijayakumar, mengatakan dalam kenyataannya adanya dua peraturan ini yang sebenarnya saling bertentangan satu sama lain.

“Kita masih belum tahu apa yang harus dilakukan oleh rumah sakit apakah melaporkan atau membiarkan saja.” katanya. “Beberapa melaporkan, yang lain tidak. Mereka bingung.

BACA JUGA :Wow, Pria di Desa Ini Boleh Nikahi Tiga Wanita

Pemerintah India masih kewalahan menangani kesehatan dasar, apalagi untuk memberikan layanan kesehatan mental yang lebih rumit. Hal ini diungkapkan oleh dokter Meyer. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dari statistik yang ada sejauh ini hanya ada 0,3 psikiater per 100 ribu penduduk di India di tahun 2011.

Dr Vijayakumar mengatakan bahwa pemerintah ‘belum melakukan banyak usaha sejauh ini’ untuk menangani masalah bunuh diri, walau dia mendapat pemberitahuan hari Rabu bahwa pemerintah ingin membuat strategi nasional pencegahan bunuh diri.

Tentunya akan banyak PR yang harus dilakukan pemerintah dalam membuat rencana atau strategi pencegahan bunuh diri. []

HABIS  – SUMBER: ABC AUSTRALIA | DETIK

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline