Unik, Informatif , Inspiratif

Semangat Pengumpul Botol Bekas Tempuh Pendidikan Tinggi

0

Bagi sebagian generasi muda, menjadi mahasiswa mungkin hanya sebatas mimpi. Tapi, ada sebagian dari mereka yang tak mau menyerah dan memilih memperjuangkan mimpi tersebut.

Adalah Riki Aprianto, 23 tahun, pemuda yang tinggal di RT 03 RW 01 Kelurahan Sukarami, Kecamatan Selebar, Bengkulu, merupakan contoh dari sebagian generasi muda itu. Kondisi keluarganya yang jauh dari kata ‘mampu’ tidak mematahkan semangat Riki mengejar mimpi menempuh pendidikan setinggi mungkin.

Riki tengah menunggu masa kelulusannya dari jurusan Syariah program studi Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Dia adalah salah satu penerima beasiswa Bidik Misi.

Senin kemarin, Riki kedatangan tamu seorang pejabat negara. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berkenan singgah di kediamannya.

Riki pun menyambut kunjungan Lukman bersama beberapa penerima beasiswa bidik misi yang lain. Kepada Lukman, Riki menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya karena berhasil merampungkan studi berkat beasiswa dari Kemenag tersebut.

” Bapak bisa lihat sendiri kondisi ekonomi keluarga saya. Saya tidak mungkin bisa kuliah jika bukan karena beasiswa,” ujar Riki, dikutip dari kemenag.go.id, Selasa 1 Agustus 2017.

Lukman pun mengaku bangga pada Riki. Menurut dia, Riki merupakan contoh generasi muda yang berprestasi, namun harus menghadapi kendala biaya jika ingin meraih pendidikan lebih tinggi lagi.

” Ini sebuah contoh betapa sebenarnya tidak sedikit mahasiswa-mahasiswa kita yang berprestasi tapi karena kondisi ekonominya kurang memadai sehingga perlu bantuan dari pemerintah agar pendidikannya tidak terputus,” kata Lukman.

Riki adalah bungsu dari enam bersaudara. Ayahnya kini sudah tidak sanggup lagi bekerja.

Setiap hari, Riki selalu membantu kakak-kakaknya mengumpulkan botol air mineral bekas untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Meski tinggal menunggu wisuda, Riki mengaku masih punya mimpi. Kepada Lukman, Riki pun mengungkapkan niatnya untuk menempuh pendidikan program Magister Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Bahkan, dia telah menyiapkan rencana tesis, yang ditunjukkan langsung kepada Lukman. ” Saya ingin mendalami ilmu hukum yang saya minati,” kata Riki. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.