Teh Belatung
Foto: Teh Belatung (papa semar)

Sembuhkan Luka Kronis dengan Teh Belatung, Benarkah?

Teh Belatung
Foto: Teh Belatung (papa semar)

INSPIRADATA. Sebuah perusahaan di Wales telah menemukan sebuah obat untuk menyembuhkan luka kronis. Yaitu sebuah kantong teh berisikan belatung kecil atau yang biasa disebut teh belatung.

Dilansir oleh Bintang, perusahaan yang bernama BioMonde ini mengembangbiakan lalat dengan cara khusus. Setelah lalat bertelur, mereka menyemprotnya dengan disinfektan dan kemudian diletakkan ke dalam sebuah kantong yang diberinama BioBag. Hal ini mungkin terdengar aneh dan bisa membuat perutmu mual, namun kantung kecil ini dipercaya bisa menghilangkan jaringan yang sudah mati atau terkena infeksi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Journal of Community pada tahun 2013 mengatakan bahwa terapi belatung sangat efektif dan dapat membantu pasien untuk menyembuhkan luka dan menghindari tindakan operasi. Namun, dokter dan para pasien tidak ingin melakukan terapi tersebut karena dianggap menjijikan. Di sinilah awal pencetusan kantung teh berisi belatung ini datang.

BACA JUGA: 

Kue Ulang Tahun Dari Mie Goreng, Bagaimana Rasanya Ya?

Karena, terapi larva bisa dibilang sebagai pilihan untuk membersihkan luka kronis. Dalam Perang Dunia I, para tentara yang telah dioperasi menyadari bahwa luka yang dikerumuni oleh belatung sembuh lebih cepat, mereka pun dengan sengaja meletakkan larva ini di luka mereka.

Cara menggunakan kantung teh belatung ini adalah dengan meletakkannya di kulit yang luka dan kemudian dibalut. Larva pun akan segera mengerjakan tugasnya untuk menghilangkan jaringan yang mati. Tenang saja, mereka takkan berubah menjadi lalat. Karena kantung tersebut harus diganti setelah 4 hari. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *