Semua Pekerjaan sama dengan Ibadah

0 35

Secara hakikat, setiap pekerjaan yang diridlai oleh Allah s.w.t dan diawali, juga disertai niat yang lurus adalah Ibadah. Bahkan seringkali dalil-dalil syari’at, menyelaraskan antara suatu pekerjaan dengan Jihad yang secara logika sangat susah sekali dikejar untuk melakukannya.

Rasulullah s.a.w bersabda, “Barangsiapa bekerja. untuk anak isterinya melalui jalan yang halal, maka bagi mereka pahala seperti orang yang berjihad di jalan Allah,” (HR. Bukhari) Selain itu, hadits lain menerangkan, “Mencari kerja yang halal adalah fardhu selepas fardhu,” (HR. Baihaqi).

Ibadah adalah perbuatan, pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya, baik berupa perkataan ataupun pekerjaan secara fisik. Bukan hanya mencakup shalat, Puasa, zakat, dan haji. Seluruh aktivitas unsur yang ada dalam diri sang Hamba adalah cakupan ibadah–fisik, akan pikiran, dan jiwa.

Pun begitu dengan mencari ilmu, mendidik serta membesarkan buah hati, mencari nafkah buat keluarga, dan Hal remeh-temeh pun bias menjadi Ibadah. Dan mestilah bernilai ibadah.

Tak perlu bertanya lagi, soal ibadah ini berkaitan antara dunia ataukah akhirat, kita telah lama mendengar dan mengerti hadits atau dalil lain tentang kebaikan dari niat yang lurus. Karena semuanya berbanding lurus–antara dunia dan akhirat. Jika disertai dengan niat Lillaah, serta lebih jauh dan dalamnya lagi adalah disertai keimanan. Wallahua’lam. []

Referensi: Tangan-tangan yang Dicium Rasul, karya Syahyuti

(Visited 43 times, 1 visits today)
loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...