wanita tanpa make up
Foto: Pinterest

Seperti Apa Minyak Kasturi Itu?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,’Puasa adalah perisai. Apabila seseorang di antara kamu berpuasa, janganlah berkata kotor/keji (cabul) dan berteriak-teriak. Apabila ada orang yang mencaci makinya atau mengajak bertengkar, katakanlah, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa.’ Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah daripada aroma minyak Kasturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, yaitu kegembiraan ketika berbuka puasa dan kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-nya.’” (HR. Bukhori dan Muslim).

Hadits tersebut menjelaskan tentang keutamaan dan balasan mulia yang akan diperoleh oleh seseorang yang menjalankan puasa. Dan salah satu dari banyak keutamaan itu adalah ‘aroma minyak Kasturi”.

Kasturi merupakan ungkapan bahasa Urdu atau bahasa Sansekerta bagi Misik Abyadh (Misik Putih), sebagian menyebutnya Misik Madinah.

Apa keistimewaan minyak Kasturi atau Misik Abyadh itu?

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menyebutkan berbagai manfaat minyak Kasturi atau Misik. Saya tidak menukil di sini karena tidak hafal apa saja. Yang jelas, ini menunjukkan besarnya manfaat minyak Kasturi dalam Thibbun Nabawi.

Khusus bagi para wanita, Kasturi merupakan salah satu bagian sunnah yang sering dilupakan dalam bersuci dari menstruasi. Artinya, menggunakan minyak Kasturi merupakan penyempurna dalam bersuci yang bernilai sunnah. Mengamalkannya termasuk bentuk keta’atan sekaligus kecintaan kepada Rasulullah ﷺ.

Dari Muhammad bin Ali ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah, ‘Apakah Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam memakai parfum? Ia menjawab, “Ya, dengan minyak wangi misik dan ‘anbar.” (HR. Nasa’i). []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *