Seperti di Film-film, ITB “Telurkan” Kecoa Intelijen

0

lagi-lagi, anak Indonesia membuat inovasi. Kali ini dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang “menelurkan” robot intelijen berbentuk kecoa.

BACA JUGA: Ini Penampakan Robot Kecoa yang Diciptakan Mahasiswa ITB

Seperti disampaikan Humas ITB dalam siaran pers pada Kamis (20/9/2018), salah seorang peneliti Muhammad Hablul Barri menjelaskan, pengembangan robot tersebut karena belum adanya teknologi robot berbentuk serangga yang dipasarkan kecuali hanya untuk kapasitas mainan.

Sementara itu, kebutuhan atas teknologi pemantauan senyap sudah sangat nyata dibutuhkan. Dan teknologi luar negeri tentu tidak dapat digunakan sebab menyangkut kerahasiaan informasi dan untuk menjaga integritas lembaga dan kekuatan intelijen suatu negara.

Sedang menurut ketua tim penelitian robot kecoa, Augie Widyotriatmo, pengembangan robot ini dibantu mahasiswa S1 dan S2 ITB.

Penelitiannya dilakukan di Laboratorium Instrumentasi dan Metrologi Fakultas Teknologi Industri.

Robot kecoa untuk operasi intelijen senyap diharapkan mampu mengumpulkan data-data serta informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan tepat.

Selaras dengan tujuan ini, maka KK Instrumentasi dan Kontrol bekerjasama dengan KK Fisiologi Perkembangan Hewan dan Sains Biomedia turut andil dalam melaksanakan kegiatan ini.

BACA JUGA: Ini Rahasia Kenapa Semua Orang Takut Kecoak

“Harapannya alat ini dapat digunakan badan semacam intelijen, dan sebagainya untuk membantu pengamanan negara. Memungkinkan atau tidak? Ya memungkinkan, kami sudah mulai melakukan penjajakan terkait ide-ide tersebut,” ujarnya. []

SUMBER: KUMPARAN

Kamu Sedang Offline