Unik, Informatif , Inspiratif

Seperti se-Paket, Rokok dan Kopi, Kenapa ya?

0
, Seperti se-Paket, Rokok dan Kopi, Kenapa ya?
rokok dan kopi (Foto: medicaldaily)

INSPIRADATA. Ya, rokok dan kopi, menjadi sepaket teman nongkrong dan ngobrol orang tua ataupun anak muda. Mengenai hal tersebut, pakar kesehatan cukup tertarik untuk mencari tahu apa alasan di baliknya.

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk mencari tahu hal ini oleh pakar kesehatan dari University of Bristol. Setidaknya ada 250 ribu partisipan yang berasal dari Inggris, Denmark, dan juga Norwegia yang dilibatkan dalam penelitian penyetaraan rokok dan kopi ini.

Para peneliti kemudian memilah para partisipan tersebut dan hanya mengambil data dari para partisipan yang memiliki variasi genetik yang terbukti mampu memicu sekaligus meningkatkan kebiasan merokok. Hasilnya adalah, mereka yang memiliki varian genetik ini cenderung mengkonsumsi lebih banyak kopi saat mereka merokok.

BACA
Minum Kopi Tiap Hari? Inilah Manfatnya
Soda Susu, Benarkah Bisa Bersihkan Paru-paru Perokok?

Pakar kesehatan Prof. Marcus Munafo yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa mereka yang bisa merokok sekitar 10 batang per hari bisa jadi mengkonsumsi 1,5 cangkir kopi lebih banyak. Yang menarik adalah, jika kebanyakan orang dengan variasi genetik ini merokok sambil meminum kopi, maka partisipan dari Inggris justru mengkonsumsi teh karena memang budaya di negeri tersebut yang sangat menyukai teh.

Dengan adanya fakta ini, Prof. Munafo pun menduga jika kebiasaan merokok sambil menikmati kopi ini hanyalah karena faktor kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama saja.

Hanya saja, para peneliti juga menduga bahwa variasi gen tertentu ini juga memberikan pengaruh pada cara tubuh dalam mencerna kafein. Prof. Munafo menyebutkan bahwa bisa jadi para perokok cenderung mencerna kafein lebih cepat sehingga akhirnya mengkonsumsinya lebih banyak kopi demi mendapatkan sensasi menyegarkan dan mantap seperti yang memang kerap digambarkan mereka yang merokok sambil minum kopi.

Sayangnya, kebiasaan merokok sambil minum kopi ini dikhawatirkan bisa membuat level kesulitan untuk berhenti merokok menjadi semakin berat. Hal ini terjadi karena andai mereka berhenti merokok namun tetap mengkonsumsi kopi, muncul efek samping layaknya kecemasan dan kurang nyaman pada tubuh.

Sumber


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.