Unik, Informatif , Inspiratif

Serangan Gas Beracung Lukai Puluhan Warga di Aleppo

0 8

Sebuah serangan gas beracun kembali terjadi di Kota Aleppo, Suriah pada Sabtu (24/11/18). Serangan ini menyebabkan puluhan orang warga mengalami kesulitan bernapas.

Berdasarkan data yang dicatat oleh Oberservatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebanyak 94 orang telah mendapatkan perawatan di rumah sakit setelah mencium gas klorin di kota tersebut.

Penanganan korban berupa bantuan oksigen selama 15 menit. Hingga berita ini dinaikkan sebagian besar korban telah dipulangkan.

Pihak Pemerintah Suriah menuding sekelompok pemberontak bersenjata bertanggung jawab atas serangan gas beracun itu.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan, kelompok tersebut menembakkan peluru berisi gas klorin di daerah permukiman Aleppo.

Konashenkov juga mengungkapkan, penembakan itu berasal dari area zona penyangga yang dikendalikan Hayat Tahrir al-Sham (HTS).

Serangan udara ini, kata Konashenkov, adalah yang pertama dalam beberapa bulan terakhir.

Tuduhan ini adalah tuduhan terbaru terhadap serangan kimia dalam perang sipil di Suriah selama tujuh tahun terakhir yang telah menelan lebih dari 360.000 korban jiwa dan jutaan orang lainnya terlantar.

Sedangkan pihak HTS maupun kelompok Hurras al-Deen yang memiliki keterkaitan dengan Al-Qaeda yang ada di Aleppo sendiri telah membantah tudingan yang dilayangkan Pemerintah Suriah.

Pihak ini mengklaim tidak memiliki hubungan dengan serangan udara tersebut.

“Kami dari Front Pembebasan Nasional menolak tuduhan tersebut yang mengatakan bahwa kaum revolusioner menargetkan kota Aleppo dengan rudal, apalagi mengandung gas klorin,” ucap perwakilan kelompok tersebut, seperti dilansir oleh AFP. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline